STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2019 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN
Abstract
Mandarin is a foreign language that is quite popular to learn nowadays. Many companies require their workers to have the ability to speak Mandarin. Mandarin has its peculiarities in pronunciation, Chinese or Chinese characters, vocabulary, and grammar. Therefore, learning Mandarin as a second language is not the same as copying from learning other foreign languages as a second language. So far, Chinese learning has focused more on how to teach a particular material. However, how students learn to affect their success in learning Mandarin is under study. This research will study the strategies used by students in learning pronunciation, Chinese characters, vocabulary, and grammar. The information obtained through the questionnaire summarizes the learning strategies that students have carried out. The conclusions obtained will be used as a scientific basis for lecturers who support courses related to pronunciation skills, mastery of mandarin letters and vocabulary, and skills in using grammar to provide direction and guidance to students on effective learning strategies.
Abstrak
Bahasa Mandarin merupakan bahasa asing yang cukup populer dipelajari pada saat ini. Hal ini dilatarbelakangi oleh permintaan tenaga kerja yang memiliki kemampuan berbahasa Mandarin. Bahasa Mandarin memiliki kekhasannya sendiri dalam pelafalan, huruf Mandarin atau Hanzi, kosakata dan tata bahasa. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua tidak sama persis atau bukan copy paste dari pembelajaran bahasa asing lainnya sebagai bahasa kedua. Selama ini, pembelajaran bahasa Mandarin lebih berfokus pada bagaimana cara dosen mengajarkan suatu materi tertentu. Aspek bagaimana si mahasiswa belajar kurang diperhatikan, sehingga keberhasilan mahasiswa dalam mempelajari bahasa Mandarin juga ikut terpengaruh. Penelitian ini akan difokuskan pada strategi yang digunakan mahasiswa dalam belajar pelafalan, huruf Mandarin, kosakata dan tata bahasa. Informasi yang diperoleh lewat kuesioner diharapkan dapat memberikan rangkuman tentang strategi-strategi pembelajaran yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Kesimpulan yang didapat akan digunakan sebagai dasar ilmiah kepada dosen pengampu mata kuliah yang berkaitan dengan keterampilan pelafalan, penguasaan huruf mandarin dan kosakata serta keterampilan penggunaan tata bahasa untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa tentang strategi belajar yang efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Bie, Hongying, Huang, Borong & Wang, Lei (2018) 国际汉语教学汉字教学方法与技巧(Pembelajaran Bahasa Mandarin Internasional—Metode dan Teknik Pengajaran Huruf Mandarin),Beijing Language and Culture University Press.
Chen, Xi (2001) 汉字演化说略 (Sinopsis Evolusi Huruf Mandarin),Qunyan Press.
Hu, Wenhua (2008) 汉字与对外汉字教学 (Hanzi dan Pengajaran Huruf Mandarin Untuk Siswa Asing),Xuelin Press.
Huang, Borong & Li, Wei (2014) 现代汉语 (Bahasa Mandarin Modern),Peking University Press.
Huang, Jinjin (2000) 德國學生學習漢字的情況及其學習策略(Kondisi dan Strategi Pembelajaran Huruf Mandarin Pada Siswa Kewarganegaraan Jerman). 語言研究特刊 2000, p.323-27. 武 漢:國際漢語教學學術研討會論文集。中德雙方合作研究計畫人員交流, PPP 計畫編號: 8801-ppp-19.
Jiang, Xin & Zhao, Guo (2001) 初级阶段外国留学生汉字学习策略的调查研究, China Academic Journal Electonic Publishing House, Edisi ke-4.
Jiang, Xin (2000) 汉语作为第二语言学习策略研究(Penelitian Tentang Strategi Belajar bahasa Mandarin Sebagai Bahasa Kedua), Language Teaching and Linguistic Studies Jornal, Vol 1, P61-68.
Ke, Chuanren (2018) The Routledge Handbook of Chinese Second Language Acquisition, Routledge CRC Press.
Li, Xiangping (2012) 汉字理论与应用 (Teori dan Praktek Huruf Mandarin,Jinan University Press.
Liem Vita Angela Handoko dkk (2019). Strategi pembelajaran kosakata bahasa mandarin pada aplikasi pembelajaran chineseskill. Universitas Kristen Petra.
Lin, Wenxiu (2011). 初级水平泰国学生汉语语音学习策略研究 (Penelitian Strategi Pembelajaran Pada Siswa Dasar di Thailand), Nanjing University.
Liu, Songhao (2013) 第二语言习得导论——对外汉语教学视角(Panduan Akuisisi Bahasa Kedua——Dari Sudut Pandang Pembelajaran Bahasa Mandarin Sebagai Bahasa Kedua,World Book Inc.
Lu Qinghe (2006) 实用对外汉语教学语法 (Metode Pengajaran Tata Bahasa Mandarin Praktis), Beijing University Press.
Lu Zhou (2005). 美国大学生(CIEE项目)汉语口语学习策略的研究 (Penelitian Strategi Berbicara Mahasiswa di Amerika. Program CIEE), Huadong Normal University.
Peristera Hana (2013). Pembelajaran pelafalan bahasa Mandarin dengan metode Tracking dan Slow Motion Speaking Bagi Siswa Kelas 1 SMP Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta. Universitas Sebelas Maret.
Prof. Dr. Sri Anitah W. Strategi Pembelajaran (Modul 1).
Sung, K.-Y., & Wu, H.-P. (2011). Factors influencing the learning of Chinese characters. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 14(6), 683–700.
Tan, Teow Ghee & Hoe, Foo Terng (2009) Vocabulary Learning Strategies of Students, Learning Mandarin as a Foreign Language, P181-190.
Wang, Zhenyan (2014). 印尼学生汉语语音学习策略调查研究——以印尼四所大学为例 (Strategi Pembelajaran Pelafalan pada Mahasiswa Indonesia ——Studi Kasus pada 4 Universitas di Indonesia, Nanjing University.
Yan Shenghan (2004). 留学生汉语词汇学习策略的研究( Penelitian Strategi Pembelajaran Kosakata Pada Siswa Asing, Beijing Languange and Culture Iniversity.
Yus Rusyana dan Samsur, 1976. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia, Proyek Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Bandung – Malang.
Zhou, Jian (2009) 汉字教学理论与方法 (Teori dan Metode Pengajaran Huruf Mandarin),Peking University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v14i1.43267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.