Pembinaan Profesional Guru IPA SD Melalui Lesson Study

Kartono .

Abstract


Guru dalam dunia pendidikan adalah komponen yang sangat menentukan. Keberhasilan setiap upaya pendidikan sangat tergantung pada guru. Oleh karenanya seorang guru harus benarbenar profesional. Untuk mewujudkan profesionalitas guru diperlukan pembinaan secara berkelanjutan dan sistemik. Alternatif pembinaan guru agar menjadi guru yang profesional diantaranya dapat dilakukan dengan kegiatan lesson study. Termasuk pembinaan profesionalisme guru IPA SD. Lesson study merupakan sistem pembinaan guru melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning. Kegiatan lesson study selain mengembangkan profesionalisme guru juga diarahkan untuk menumbuhkan visi bersama, membangun keterampilan dalam pembelajaran diri dan kelompok, menumbuhkan keterkaitan diri dengan tim.

Kata kunci : Lesson Study, pembinaan profesi Guru IPA SD


Full Text:

PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v9i3.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Kartono .



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats