PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI DI FKIP UKSW
Abstract
Abstrak
Teknologi di era yang serba digital harus bisa memberikan makna dan manfaat di bidang pendidikan. Pengembangan tersebut dilakukan dengan adanya aplikasi baru maupun platform tertentu sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran serta dampak pendidikan berbasis teknologi di FKIP dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW dengan mengambil subjek penelitian dari 7 Program Studi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 86% setuju dengan penggunaan pendidikan berbasis teknologi dikarenakan adanya pendidikan berbasis teknologi di FKIP memberikan kebermaknaan bagi mahasiswa yang merupakan generasi milenial serta mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam penggunaan sarana-sarana pendukung lainnya. Kelemahan dari pendidikan berbasis teknologi ini dinilai memunculkan pemahaman ganda atas materi yang diberikan oleh dosen serta jaringan internet yang belum merata dalam mengakses aplikasi berbasis teknologi.
Kata kunci : mahasiswa, pendidikan, teknologi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
JURNAL
Anih, Euis. 2016. Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jurnal Pendidikan Unsika,Vol 4(2),pp.185-196.
Darmaji, dkk. 2019. Persepsi Mahasiswa pada Penuntun Praktikum Fisika
Dasar II Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan, Vol. 4, No. 4. pp. 516—523.
Darmawan, Hendry. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi menggunakan Media Sobotta Anatomy Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol.5(1),pp.40-50.
Marwah, S.2 018. Relevansi Konsep Pendidikan.Ejournal. Indonesian Journal Of Islamic Education, Vol.5(1),pp.14-26.
Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. Vol 1(2),pp.95-105.
McKenna, Lisa, dkk. Learning style preferences of Australian accelerated postgraduate preregistration nursing students: A cross-sectional survey. Nurse Education in Practice. 28 (2018). Pp. 280–284.
Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VIII(2),pp.1-10.
Noer, Usman. 2017. Dinamika Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnalisa. Vol 03(1), pp.61-75.
Nurchaili.2010. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 16(6), pp.648-658.
Nurdin, R. 2017. Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh MOOC di UNNES. Jurnal Procedia Social And Behavioral Sciences. Vol 174, pp.427-43.
BUKU
Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Huberman, Michael. 2012. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Metode-Metode Baru. Jakarta : UI Press.
Wibowo, A. Setyo 2017. Paidea : Filsafat Pendidikan – Politik Platon. Yogyakarta : PT. Kanisius.
DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v14i2.42016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.