PENGEMBANGAN MODEL ADDIE BAGI PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH PENGANTAR HUKUM INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Proses pembelajaran sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah disusun dosen di awal perkuliahan, tetapi dosen terkadang mengalami beberapa hambatan sehingga perkuliahan tidak berjalan dengan baik. Perkuliahan dilakukan 15x tatap muka, dan Unesa telah menyediakan fasilitas daring sebanyak 4x. Fasilitas perkuliahan dalam jaringan (daring) merupakan bagian penting dalam pembelajaran saat ini, karena perkuliahan daring dapat menggantikan pembelajaran tatap muka, sehingga hal ini menjadi alasan pengembangan perkuliahan secara daring. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan perguruan tinggi terhadap tantangan digital dan respon mahasiswa pada perkuliahan daring. Adapun penelitian ini menggunakan metode addie dan pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dan dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa pengembangan perkuliahan dengan daring pada mata kuliah Pengantar Hukum Indonesia (PHI) dengan menggunakan bahan ajar yang praktis dan mudah dipahami oleh mahasiswa S1 Hukum melalui beberapa tahap mulai dari pemetaan, pelaksanaan pembuatan media daring, pelaksanaan perkuliahan secara daring dan evaluasi yang dilakukan melalui tugas. Pelaksanaan kuliah daring memerlukan evaluasi persiapan perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa. Beberapa masukan dari segi media dan konten (isi) telah diperbaiki oleh tim peneliti dan pembelajaran daring telah siap untuk diberikan pada mahasiswa.
Kata kunci : metode addie, Pengantar Hukum Indonesia, ahli media, ahli hukum, pembelajaran daring
Abstract
The learning process is by following with the Semester Learning Plan (RPS) that has been prepared by the lecturer at the beginning of the lecture, but the lecturer sometimes experiences some obstacles so that the lecture does not go well. Lectures are conducted 15x face-to-face, and Unesa has provided 4x online facilities. Online lecture facilities are an important part of learning today because online lectures can replace face-to-face learning, so this is the reason for developing online lectures. This research was conducted to determine the readiness of tertiary institutions for digital challenges and student responses to online lectures. The research uses the addie method and data collection uses structured interviews and analyzed with descriptive qualitative. The results and discussion show that the development of online lectures in Indonesian Law Introduction (PHI) courses using teaching materials that are practical and easily understood by S1 Law students through several stages ranging from mapping, implementing online media creation, online lecturing and evaluating online done through assignments. Implementation of online lectures requires an evaluation of the preparation of tertiary institutions, lecturers and students. Some input in terms of media and content has been improved by the research team and online learning is ready to be given to students.
Keywords: The Addie method, Introduction to Indonesian Law, media experts, legal experts, online learning
Full Text:
PDFReferences
Afriani. 2018. Pemanfaatan Open Educational Resources (OER) Dalam Tutorial Online. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 19, Nomor 2, September 2018, 65-72. Universitas Terbuka
Degeng, I. N. S. 1991. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikti. P2LPTK.
Harmanto. 2001. Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian dengan Menggunakan World Wide Web. Malang: Tesis, Tidak diterbitkan.
Kanwar & Uvalic-Trumbic, dikutip dalam Dina Mustafa. Tutisiana, 2014. Model Pengembangan Kemampuan Dosen dan Guru dalam Merancang Sumberdaya Pembelajaran Terbuka Daring (Online Open Educational Resources/Program/Courseware). Laporan Penelitian Hibah Bersaing Universitas Terbuka.
Moeljatno. Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidan di Indonesia (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana). Bandung. Sinar Grafika.
Nurdin, Encep Syarief. 2016. Analisis Materi Dimensi Implementasi Kebijakan Publik Pada Materi Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, Vol.9 (1). Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press and UPI Bandung, ISSN 1979-0112.
Republik Indonesia. Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945. Jakarta. Sinar Grafika.
Republik Indonesia. Undang-undang No. 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum acara pidana. Sinar Grafika. jakarta.
Republik Indonesia. Undnag-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Undang-undang Pokok Agraria. Jakarta. Pradnya Paramita.
Republik Indonesia. Kitab undang-undang Hukum Dagang. Jakarta. Pradnya Paramita.
Sandra Sukmaning Adji, Tangerang Selatan. 2014. Pemanfaatan Open Educational Resources (Oer) Pada Pembelajaran Online Tentang Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim. Universitas Terbuka. Seminar Nasional Riset Inovatif II, ISSN : 2339-1553.
Susilo. Jumlah Penduduk Indonesia 259 Juta Https://Nasional.Kompas.Com/Read/2011/09/19/10594911/Jumlah diakses Tanggal 19 April 2019..
The World Bank Indonesia, 2012. Perkembangan Ekonomi Global. Perkembangan Ekonomi Keuangan dan Kerja Sama Internasional Triwulan II – 2012. Grup Kerjasama dan Studi Asean Departemen Internasional Bank Indonesia, Jakarta.
Utrecht. 1989. Pengantar dalam Hukum Indonesia. cetakan ke-XI Jakarta, Ichiar Baru,
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v12i2.39085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.