MANAJEMEN MUTU LAYANAN PADA SEKOLAH MENENGAH

M Chiar

Abstract


 

Abstrac

Mutu layanan akan berhasil dalam mencapa itujuannya jika konsumen merasakan kepuasan yang sangat tinggi,dengan kata lain keberhasilan mutu layanan sangat tergantung pada konsumen atau pelanggan dalam arti lembaga yang bermutu selalu memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Karena mutu layanan berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampai nya untuk mengimbangi harapan pelanggan. Sehubungan dengan itu maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang perencanaan mutu pelayanan, pelaksanaan mutu,  pengendalian mutu layanan, perbaikan mutu layanan serta apa saja yang menjadi hambatan dalam memberikan pelayanan di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah case studi (studi kasus) dengan melakukan secara eksploratif yang bersifat mendalam dengan menganalisis apa yang sebenarnya terjadi di balik fakta atau kasus. Alat pengumpul datanya dengan melakukan wawancara, dekomentasi dan panduan observasi. Selanjutnya untuk analisis data digunakan langlah-langkah yang dibagi dalam tiga bagian yaitu; data reduction, data display dan conclution/verification. Setelah diadakan penelitian, maka didapatkan temuantemuan sebagai berikut: Perencanaan mutu layanan yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA Negeri) 1 Sungai Ambawang telah menggambarkan pola yang baik yaitu dengan melibatkan  guru dengan cara mengajak guru membuat program bagi yang ingin berpartisipasi. Pelaksanaan mutu layanan oleh kepala sekolah sudah sesuai dengan program yang dibuat sebelumnya, meskipun masih ada program yang belum terlaksana atau belum tercapai. Pengendalian mutu layanan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah sudah cukup efektif. Perbaikan mutu layanan telah dilakukan oleh kepala sekolah secara terus menerus terutama yang berhubungan dengan proses pembelajaran. 

 

Keyword : Service Quality


Keywords


Service Quality

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchori & Hurriyati, 2009, Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa

Pendidikan, Bandung, Alfabeta

Depdiknas, 2004, Manajemen Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Diana A dan Tjiptono F , 2003, Total Quality Management, Yogyakarta: Penerbit Andi

Fattah, Nanang, 2004, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya

Hardiyansyah, 2011, Kualitas Pelayanan Publik, Jogyakarta, Gava Media

Martinus, Tukiran, 2016, Membangun Sistem Manajemen Mutu Berdasarkan ISO 9001;2015 Yogyakarta; Leutika Nouvalitera

Mukarom, Zainal, 2015, Manajemen Pelayanan Publik, Bandung, CV. Pustaka Karya

Muhammad Nur Nasution, 2004, Manajemen Mutu Terpadu, Bogor, Galia Indonesia

Nikmah, 2013, Pengorganisasian Layanan Pendidikan Boarding School Berorientasi Mutu, http/journal unnes.ac.ac.id/sju/index.php/eduman

Purnama, Nursya’bani, 2006, Manajemen Kualitas Prespektif Global, Yogyakarta: EKONISIA

Ratminto dkk, 2015, Manajemen Pelayanan, Jogyakarta, Pustaka Pelajar

Sartika Ikke Dewi, 2002, Quality Service In Education. Edisi Khusus Untuk Kalangan Mahasiswa, Bandung: Kantor Yayasan Potensia.

Imam,Gunawan, Kualitas Pelayanan Pendidikan, 05 November 2012. (http://masimamgun.blogspot.co.id/2012/11/kualitas-pelayanan-pendidikan.html, diakses 01 April 2016.)




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v11i2.34514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats