Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran pada SMA Negeri 2 Sambas
Abstract
Pada kenyataan Guru belum maksimal dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pelaksanaan supervisi klinis Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran pada SMA Negeri 2 Sambas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi serta dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran belum maksimal, b) Tahap-tahap pelaksanaan supervisi klinis meliputi: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; dan (3) evaluasi, c) persepsi guru terhadap pelaksanaan supervisi klinis Kepala Sekolah mendapat tanggapan positif dari semua guru, d) upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam mengatasi masalah supervisi klinis meliputi: (1) melaksanakan IHT, (2) memberikan pengarahan dan motivasi pada guru, (3) melakukan tukar menukar informasi (4) memberdayakan guru senior dalam membimbing penyusunan RPP, e) hambatan-hambatan dalam melaksanakan supervisi klinis yakni: (1) berasal dari guru dan Kepala Sekolah, dan f) faktor-faktor yang mendukung kompetensi Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi klinis meliputi; (1) pendidikan dan pelatihan, (2) seminar, diskusi maupun lokakarya tentang supervisi klinis, (3) pertemuan-pertemuan rutin dalam MKKS, (4) studi banding ke daerah yang sudah melaksanakan supervisi klinis.
Kata Kunci : Supervisi klinis, Kepala Sekolah, kinerja dan guru
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Lili Ng Chui Mi
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.