PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMA

Paulus Joko Prayitno

Abstract


Pada kenyataan guru belum maksimal dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: untuk meningkatkan  pelaksanaan supervisi Akademik dalam meningkatkan kemampuan pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.  Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif . Prosedur pelaksanaan penelitian terdiri dari tahap : (1)  Perencanaan,(2)  Pelaksanaan, (3) Observasi  dan (4) Refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pada siklus I kemampuan guru melaksanakan pembelajaran masih rendah hal ini dibuktikan dengan nilai akhir yang diperoleh setiap, dan nilai rata-rata kemampuan guru dari hasil observasi pembelajaran dimana guru yang memperoleh skor nilai 1 (kurang) dengan rentang nilai dibawah 55% adalah 1 orang guru, skor nilai 2 (cukup) dengan rentang nilai 55%-69% adalah 10 orang guru, skor nilai 3 (baik) rentang nilai 70%-85% adalah 2 orang guru, dan tidak ada guru yang memperoleh skor nilai 4 (sangat baik).Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan mengajar guru yang dari siklus I, pada siklus guru yang memperoleh skor nilai 2 (cukup) dengan rentang nilai 55%-69% adalah 3 orang, dan skor nilai 3 (baik) rentang nilai 70%-.85% adalah 10 orang guru, dan tidak ada guru yang memperoleh skor nilai 1 (kurang) dan skor nilai 4 (sangat baik). Dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh 13 orang guru juga terjadi peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata yang diperoleh hanya 64,72 menjadi 74,53 pada siklus II. terjadi peningkatan 9,81%.


Keywords


Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik dan Guru

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto.dkk.2006.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT.Bumi Aksara

dan Sinar Grafika Pffset Clickman 2007 dalam Juansih,

Meningkatkan Kemamouan Guru Dalam Memotivasi Siswa melalui

Supervisi Akademik, Jurnal Pendidikan Asosiasi Pengawas Sekolah

Indonesia , Volume 3, Nomor 1 , Mei 2015.

Depdiknas : 1996. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah

Dasar. Jakarta : Departemen Dalam Negeri RI Dirjen Pemerintah

Umum dan Otonomi Daerah Kerjasama Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2004. Pedoman supervisi pengajaran. Direktorat

Pendidikan Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan.

Glickman, D. C. 1981. Developmental Supervision: Alternative

Practices for Helping Teachers Improve Instruction. Association

for Supervision and Curriculum Development.

Imron Ali. 1995 Pembinaan Guru Di Indonesia Malang: Pustaka Jaya.

Koswara, Deni.2008.Kebiasaan Kepala Sekolah Efektif. Bandung.

Pribumi Mekar

Made Pidarta. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta :

Bumi Aksara.

Mulyono.2008. Manajemen Adminstrasi & Organisasi Pendidikan.

Malang. Arruzzmedia.

Ngalim Purwanto 1988. Administrasi dan Supervisi Pendidikan.

Bandung : Remaja Rodakarya

Nurhadi. 2004, Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana

Indonesia

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar

Nasional Pendidikan (BSNP)

Permendiknas RI No. 16 Tahun 2007a Tentang Standar Kualifikasi

Akademik dan Kompetensi Guru Sekolah

Permendiknas RI No. 13 Tahun 2007b Tentang Standar Kompetensi

Kepala Sekolah

Permendiknas RI No. 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan guru sebagai

Kepala/Madrasah . Jakarta: Mendiknas.

Suparlan.2005. Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat Publishing

Suryadi.2009.Manajemen Berbasis Sekolah Konsep dan Aplikasi. Bandung.Sarana Panca Karya Nusa.

Sudjana Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan

Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing

Suhardan, Dadang.H. 2010. (Layanan Supervisi Profesional dalam

Meningkatkan Mutu Pengajaran.

Wahjosumidjo. 1994. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

-----------------.2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah.Jakarta. Raja

Grafindo Persada.

Yamin, M. dkk. 2010. Standarisasi Kinerja Guru.Jakarta: Gaung

Persada (GP Press).

Usman, U. 2002 Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah Bagian Proyek Penilaian Hasil Belajar Tahap Akhir

Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Tentang

Guru dan Dosen Balitbang Depdiknas, Statistik Pendidikan,

jakarta: Balitbang Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.33209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats