PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN METODE TEAM QIUZ SISWA KELAS VI

Ernawati Ernawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui metode Team Quiz pada siswa kelas VI SD Negeri 07 Pontianak Timur, kota Pontianak (Kalbar). Jenis penelitian ini adalah PTK, menggunakan model John Elliot. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Team Quiz dapat meningkatkan proses dan hasil belajar PAI siswa kelas VI. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan oleh siswa yang lebih aktif, komunikatif serta suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Selain itu, hasil belajar ditunjukkan dengan persentase ketuntasan pada pratindakan 41,93%, pada siklus I 61,29%, dan pada siklus II 90,32%.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andayani. 2009. Pemantapan Kemampuan Profesi. Universitas Terbuka. Jakarta

Andri Saleh. (2009). Kreatif Mengajar dengan Team Quiz. Bogor: CV. Regina.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SLB, TK. Yrama Widya. Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal. Jakarta: Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2004a). Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Afektif. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Bumi Aksara. Jakarta.

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats