STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Pengantar Kajian Pembelajara Efektif)

Martono Martono

Abstract


Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pen­didikan harus menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik. Efisiensi dan keefektifan mengajar dalam pro­ses interaksi belajar yang baik adalah segala daya upaya guru un­tuk membantu para siswa agar bisa belajar dengan baik. Satu diantara perubahan paradigma pembelajaran tersebut adalah orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru beralih berpusat pada murid.Me­tode yang semula lebih didominasi ekspositoriberganti ke partisipatori,dan pendekatan yang semula lebih banyak bersifat tekstualberubah menjadi kontekstual. Semua perubahan tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki mutu pendidikan, baik dari segi proses maupun hasil pendidikan. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memberikan tes, sebab hasil tes dapat dipakai untuk mengevaluasi berbagai aspek proses pengajaran.

 


Keywords


strategi, belajar, pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v9i1.22856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Martono Martono



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats