Meningkatkan Keterampilan Bertanya Guru IPS Melalui Supervisi Kunjungan Kelas Pada Sekolah Binaan di Kabupaten Kubu Raya
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang masih ditemukan rendahnya keterampilan bertanya guru dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat diketahui pada saat peneliti mengadakan supervisi kunjungan kelas. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan bertanya guru dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk pendekatan deskriptif, dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan dari siklus ke siklus. Prosedur pelaksanaan penelitian terdiri dari tahap : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan keterampilan bertanya guru dalam kegiatan proses pembelajaran, Pada siklus pertama rata-rata nilai perolehan 33,33%, sedangkan siklus kedua rata-rata 72,21% terjadi peningkatan dari siklus satu ke siklus dua sebesar 38,88%
Kata kunci: Keterampilan Bertanya, Guru, dan Supervisi Kunjungan Kelas
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v7i3.17189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Lili Ng Chui Mi
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.