Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penggunaan Media Animasi Pada Pokok Bahasan Sistem Koordinasi Untuk Siswa Kelas Xi SMAN 2 Simpang Hilir

Hellen Puspaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengkombinasikan model pembelajaran kooperatif dan media animasi pada pokok bahasan sistem koordinasi pada siswa kelas XI. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan di kelas XI IPA SMAN 2 Simpang Hilir Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi untuk melihat pelaksanaan pembelajaran dan soal tes pilihan ganda berjumlah 15 butir untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan persentase pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II sama yaitu sebesar 100 %. Sedangkan hasil belajar diperoleh rata-rata sebesar 65,61 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,00 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif disertai media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, media animasi, hasil belajar

 

Abstract: The aim of this research was to improve the process of learning and students learning outcome by combining cooperative learning and animationmedia on coordination systemsubject. This study conducted through a Classroom Action Research. This research was done in the class XI IPA SMAN 2 Simpang Hilir in Academic Year 2014/2015. They consisted of 19 students. The instruments was used in this research was an observation sheet and multiple choice questions that consisted 15 questions. It revealed that was 100 % on first cycle and second cycle. The students averages on first cycle were 65.61, and on second cycle were 80.00. Based on the mentioned results above, it can be concluded that improving students achievement through cooperative learning and animation media on coordination system subject of class XI IPA SMAN 2 Simpang Hilir was successful to be implemented.

Keywords: copperative learning, animation, learning outcome

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v7i3.17187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Hellen Puspaningrum



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats