Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Biologi Materi Jamur di SMA Negeri 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2015/2016

Mugi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Discovery Learning pada pokok bahasan Jamur pada siswa kelas X. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan di kelas X SMAN 3 Simpang Hilir Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi untuk mengukur motivasi belajar siswa dan soal tes pilihan ganda berjumlah 20 butir untuk mengukur hasil belajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (51,16) dan siklus II (71,23). Ketuntasan klasikal siklus I (22,58%) dan siklus II (70,97%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: pembelajaran biologi, metode discovery learning, motivasi belajar

 

Abstract: The aim of this research was to improve the process of learning and  student motivation by implementing discovery learning on Fungi subject. This study conducted through a Classroom Action Research. This research was done in the class X SMAN 3 Simpang Hilir in Academic Year 2015/2016. They consisted of 31 students. The instruments was used in this research was an observation sheet and multiple choice questions that consisted 20 questions. The students averages on first cycle were 51.16, and on second cycle were 71.23. it revealed that 22,58% on first cycle and 70,97% on second cycle. Based on the mentioned results above, it can be concluded that improving students motivation through discovery learning on Fungi subject of class X SMAN 3 Simpang Hilir was successful to be implemented.

Keywords: learning outcome, discovery learning, student motivation

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v7i3.17185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mugi Utomo



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats