Motivasi, Lingkungan Kerja dan Dukungan Atasan sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Kemandegan Karir Guru IPS SMA/ MA/ SMK Negeri di Kota Tegal

Neni Hendaryati

Abstract


Karir guru merupakan posisi atau jabatan yang diduduki selama ia menekuni profesi keguruan. Data dari Dinas Pendidikan Kota Tegal Tahun 2015 terdapat 1.253 orang guru golongan IV, dengan rincian 2 orang guru golongan IV/c, 17 orang guru golongan IV/b dan 1.234 orang guru masih bergolongan IV/a. Adapun guru IPS SMA/MA/SMK di Kota Tegal yang menduduki golongan IV/b hanya 2 orang dan 57 guru masih berada di golongan IV/a dengan rentang waktu kemandegan karir lebih dari 8 tahun. Tertundanya kepangkatan guru inilah yang menjadi dasar pemikiran melakukan penelitian terhadap kemandegan karir guru IPS SMA/ MA/ SMK Negeri di Kota Tegal dan melakukan analisis yang mendalam terhadap faktor tersebut.

Ada 3 faktor kuat yang diduga sangat berpengaruh terhadap kemandegan karir guru yaitu, (1) motivasi; (2) lingkungan kerja; (3) dukungan atasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional asosiatif, metode yang digunakan bersifat ex post facto dengan populasi 59 guru IPS SMA/MA/SMK Negeri yang berstatus PNS. Populasi yang kurang dari 100 mengakibatkan populasi dalam penelitian ini sekaligus menjadi sampel penelitian. Data dianalisis dengan SPSS for windows vs 15 dengan hasil bahwa motivasi, lingkungan kerja dan dukungan atasan secara simultan berpengaruh terhadap kemandegan karir guru IPS SMA/MA/SMK Negeri di Kota Tegal.

Disarankan bagi Dinas Pendidikan Kota Tegal, hendaknya selalu menghimbau agar senantiasa tertib administrasi, pengembangan sikap profesionalisme sehingga guru termotivasi untuk mengembangkan karirnya dengan baik.

Kata kunci: motivasi, lingkungan kerja, dukungan atasan, kemandegan karir.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v7i3.17182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Neni Hendaryati



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats