Penerapan Performance Assessment Untuk Menilai Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Turunan di SMA Negeri Kota Banda Aceh
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan Model Evaluasi Performance Assessment untuk menilai kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi turunan di SMA Negeri Kota Banda Aceh, menerapkan model dan evaluasi performance assessment untuk menilai kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi turunan di SMA Negeri Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui bagaimana respon dan kemampuan siswa terhadap komunikasi matematika mereka baik secara tertulis maupun lisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa performance assessment task dan angket respon kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematika siswa di SMAN Kota Banda Aceh secara tertulis dan lisan melalui penerapan performance assesment umumnya berada dalam kategori baik dan dari analisis angket ditemukan respon siswa mengenai komponen pembelajaran lebih dari setengah persen. Kesenangan mereka terhadap komponen pembelajaran tersebut juga menunjukkan respon postif.
Kata kunci: Performance assessment dan Komunikasi Matematika
Abstract: the purpose of this research was to find out the evaluation model of performance assessment to assessed student’s mathematic communication skill in Derivative Matter in SMA Negeri Kota Banda Aceh, applied the model and evaluation of performance assessment to assessed student’s mathematic communication skill in Derivative Matter in SMA Negeri Kota Banda Aceh, and to know how student’s responses and mathematic communication skill is in both written and verbal. The study was adopted as a research and development. The performance assessment task and students’ responses questionnaire was used to collect the data. Based on the data analyses result, showed that achievement of student’s mathematic communication skill in SMA Negeri Kota Banda Aceh in both written and verbal using performance assessment generally placed in good cathegory and from analyses of responses questionnaire, it is known that student’s responses about learning component more than half a percent. Their attract to the learning component also showed positive responses.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 M. Isa, Burhanuddin AG
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.