Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan Model Siklus Belajar 5E pada Materi Hukum Dasar Kimia

Lukman Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan model siklus belajar 5E pada hukum dasar kimia. Untuk menjawab permasalahan digunakan metode pra-eksperimen dengan desain one-shot case study. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa PGMIPAU Tahun 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi tak langsung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa mahasiswamemberikan respon yang baik terhadap pembelajaran menggunakan model siklus belajar 5E pada materi hukum dasar kimia.

This study was aimed to know students’ responses towards 5e learning cycle model on law of fundamental chemistry course. One-shot case study design was used to answer the research problem. Research subject are 25 students of PGMIPAU class. Indirect communication technique was usedto collect data. Result of this research informed that students had given good responses towards 5e learning cycle model on law of fundamental chemistry course.

 

Kata-kata kunci:Model siklus belajar 5E, respon, hukum dasar kimia.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Lukman Hadi



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats