Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat penerapan konsep dan keterampilan kerja ilmiah siswa dari penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis keterampilan proses sains. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan bentuk one froup pretes postest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 yang berjumlah 33 siswa pada materi laju reaksi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 78% siswa mengalami ketuntasan dengan rata-rata skor sebesar 76,8 pada tes pemahaman konsep dan 100% siswa dapat menguasai keterampilan kerja ilmiah dengan rata-rata skor sebesar 91,5. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model discovery learning.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v12i1.11116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Rahmat Rasmawan
Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
email: jurnalvisi@untan.ac.id
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.