Designing a Mbojo Script Educational Application for Android

Ridwan Ridwan, Ahyar Ahyar, Nur Fitrianingsih, Meirizka Hani Putri, Leni Lutfiani

Abstract


Kesesuaian media pembelajaran sangat berpengaruh pada proses belajar dan mengajar, minat belajar siswa pun dapat terpengaruh dari kurangnya media pembelajaran yang digunakan, karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran untuk siswa pada mata pelajaran muatan lokal di SDN 58 Kota Bima untuk meningkatkan minat belajar siswa. Diharapkan dengan hadirnya aplikasi ini Aksara Mbojo tetap lestari dan tidak terlupakan. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan platform Mit App Inventor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) sedangkan untuk model pengembangan aplikasi ini menggunakan 4D model yang melalui tahap define atau pendefinisian, tahap design atau tahap perancangan, tahap develop atau pengembangan dan terakhir tahap disseminate atau ujicoba. Aplikasi pembelajaran Aksara Mbojo sudah melalui tahap ujicoba dan sudah diterapkan pada siswa kelas 6 SDN 58 Kota Bima. Menurut pemaparan dari guru pengampu mata pelajaran muatan lokal, terdapat ketidaktersediaan media pembelajaran, guru hanya menggunakan cara konvensional menggunakan papan tulis, dan siswa menjadi lebih mudah bosan saat belajar, namun beberapa siswa sudah dapat menghafal aksara dasar a, i, u, e, dan o. Setelah aplikasi pembelajaran Aksara Mbojo diterapkan di kelas dan mendapat respon yang baik dari siswa, suasana belajar menjadi lebih hidup, siswa bersemangat dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Saat siswa menggunakan fitur Menebak Aksara, dari 20 siswa kelas 6, 13 siswa menjawab benar lebih banyak dan 7 siswa menjawab salah lebih banyak, hal ini mengindikasikan adanya pertumbuhan pada minat belajar siswa.


Keywords


Aksara Mbojo; Media Pembelajaran; Text-to-Speech; Mit App Inventor; Minat Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


M. Muslimah, “Analisis Wacana pada Lirik Ntoko Mbojo di Bima, Nusa Tenggara Barat,” LOKABASA, vol. 12, no. 1, pp. 73–90, May 2021, doi: 10.17509/jlb.v12i1.22639.

K. Artawa, I. W. Pastika, and M. S. Satyawati, “Constituent order of clauses in bima language and its typological indication,” The International Journal of Social Sciences World (TIJOSSW), vol. 5, no. 1, pp. 66–75, 2023, Accessed: Jan. 20, 2024. [Online]. Available: https://www.growingscholar.org/journal/index.php/TIJOSSW/article/view/276

A. Aranta et al., “Learning media for the transliteration of Latin letters into Bima script based on android applications,” Journal of Education and Learning (EduLearn), vol. 15, no. 2, pp. 275–282, 2021, doi: https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i2.

S. Sufiatun, “Metafora dalam Peribahasa Mbojo Daerah Bima Nusa Tenggara Barat: Kajian Etnolinguistik,” CAKRAWALA LINGUISTA, vol. 6, no. 1, pp. 24–32, 2023, doi: https://dx.doi.org/10.26737/cling.v6i1.3655.

R. Hasanah, “Kearifan lokal sebagai daya tarik wisata budaya di Desa Sade Kabupaten Lombok Tengah,” DESKOVI: Art and Design Journal, vol. 2, no. 1, pp. 45–52, 2019, doi: https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.409.

A. Sunaryo and M. Bernard, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR POKOK BAHASAN PYTHAGORAS,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), vol. 5, no. 2, pp. 531–538, 2022, doi: https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9583.

Y. S. Nugroho, “The making of mobile learning as learning media using MIT App Inventor 2 in alternative energy course,” International Journal of Learning and Teaching, vol. 4, no. 3, pp. 190–194, 2018, doi: 10.18178/ijlt.4.3.190-194.

U. Nadhiroh, “Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa,” JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i1.9223.

M. D. Istighfarini, S. Supeno, and Z. R. Ridlo, “Pengaruh media aplikasi berbasis android terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA siswa SMP,” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, vol. 12, no. 1, pp. 61–70, 2022, doi: https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.221.

S. Kartika, H. Husni, and S. Millah, “Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam,” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, p. 113, 2019, doi: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360.

S. Supriyono, “Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD,” Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 43–48, 2018, doi: https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48.

F. Bimantoro, A. Aranta, G. S. Nugraha, R. Dwiyansaputra, and A. Y. Husodo, “Pengenalan Pola Tulisan Tangan Aksara Bima menggunakan Ciri Tekstur dan KNN,” Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), vol. 5, no. 1, pp. 60–67, 2021, doi: https://doi.org/10.29303/jcosine.v5i1.387.

E. W. Patton, M. Tissenbaum, and F. Harunani, “MIT app inventor: Objectives, design, and development,” Computational thinking education, pp. 31–49, 2019, doi: https://doi.org/10.1007/978-981-13-6528-7_3.

Kurniati and Aryani Santri, “Pengembangan Media Pembelajaran Aksara Mbojo/Bima Berbasis Adobe Flash Di SMPN 1 Madapangga,” 2021. Accessed: Sep. 30, 2023. [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19537

H. Hardianto and A. Pongsimpin, “Aplikasi Sebagai Media Interaktif Pengenalan Aksara Lontara dan Budaya Bugis Berbasis Flash,” Jurnal Literasi Digital, vol. 2, no. 1, pp. 66–71, 2022, doi: https://doi.org/10.54065/jld.2.1.2022.117.

M. A. Tuflih, M. Mayong, and N. Nensilianti, “Pelatihan Membaca dan Menulis Aksara Bima Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima,” PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, vol. 3, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.33051.

S. A. Sholikhatin, C. Magnolia, and R. D. M. Putra, “Local Language Keypad: Keyboard Bahasa Daerah Berbasis Smartphone Sebagai Media Pelestarian Bahasa dan Sastra Daerah,” Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), vol. 4, no. 2, pp. 186–191, 2021, doi: https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i2.867.

Prof. Dr. Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D, 26th ed. ALFABETA, 2022.

M. A. Zakariah, V. Afriani, and K. H. M. Zakariah, METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2020.

E. Maiyana and T. Mengkasrinal, “Pengembangan Sistem Informasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah Berbasis Web dan Mobile Android,” Prosiding SISFOTEK, vol. 1, no. 1, pp. 7–16, 2017, Accessed: Sep. 30, 2023. [Online]. Available: https://www.seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/10

A. Iskandar and M. Rizal, “Analisis kualitas soal di perguruan

tinggi berbasis aplikasi TAP,” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, vol. 22, no. 1, pp. 12–23, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v12i3.78846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License