Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Hadi Sport Shop)

Maulana Dimyati, Alon Jala Tirta Segara

Abstract


Aplikasi point of sales (POS) dibuat untuk mempermudah dalam menghitung total belanja seseorang secara akurat dan efisien. Aplikasi POS memiliki beberapa menu diantaranya kasir, data penjualan, laporan penjualan, grafik, data produk dan data pelanggan. Hadi Sport Shop adalah sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjual alat-alat olahraga dan perlengkapan olahraga yang terletak di Tegal, Jawa Tengah. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik toko yaitu bapak Hadi Sumitro terjadi beberapa permasalahan seperti masih manualnya dalam mencatat jumlah barang sehingga hal itu memakan efisiensi waktu. Berikutnya pemilik Hadi Sport Shop kesulitan ketika mencari barang harus melihat list stok yang ada di buku. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penulis menghubungi pihak Hadi Sport Shop untuk bekerja sama dalam membuat aplikasi POS. Dalam pembuatannya penelitian ini menerapkan metode agile dengan model extreme programming (XP), sedangkan untuk pengujiannya menggunakan metode black box testing dan user acceptance test (UAT). Pengujian dengan black box menunjukan tingkat keberhasilan sebesar 93,33% yang artinya Sangat Layak. Sedangkan hasil perhitungan UAT menunjukan total persentase sebesar 93% yang menandakan aplikasi telah diterima dengan Sangat Baik oleh calon pengguna. Analisis hasil UAT menyimpulkan aplikasi memperoleh skor efektivitas sebesar 96,25% dan skor efisiensi sebesar 95,64%.


Keywords


Point of Sales, Extreme Programming, Black Box Testing, Desktop

Full Text:

PDF

References


C. E. Zen, S. Namira, and T. Rahayu, “Rancang Ulang Desain UI (User Interface) Company Profile berbasis Website menggunakan Metode UCD (User Centered Design),” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., no. April, pp. 17–26, 2022.

D. N. Sari and A. Basit, “Media Sosial Instagram sebagai Media Informasi Edukasi,” Persepsi Commun. J., vol. 3, no. 1, pp. 23–36, 2020, doi: 10.30596/persepsi.v3i1.4428.

K. Hadiono and R. C. Noor Santi, “Menyongsong Transformasi Digital,” Proceeding Sendiu, no. July, pp. 978–979, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/343135526_MENYONGSONG_TRANSFORMASI_DIGITAL

D. Firmansyah, D. Saepuloh, and Dede, “Daya Saing : Literasi Digital dan Transformasi Digital,” J. Financ. Bus. Digit., vol. 1, no. 3, pp. 237–250, 2022, doi: 10.55927/jfbd.v1i3.1348.

N. M. Widnyani, N. L. P. S. Astitiani, and B. C. L. Putri, “Penerapan Transformasi Digital pada Ukm selama Pandemi Covid-19 di Kota Denpasar,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 79–87, 2021, doi: 10.38043/jimb.v6i1.3093.

R. A. Badres and I. Idris, “Sistem Informasi Stok Gudang TI berbasis Aplikasi Desktop pada Terminal Peti Kemas Belawan,” J. Multimed. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 01, pp. 7–13, 2022, doi: 10.54209/jatilima.v4i01.155.

G. C. Pondaag, X. B. N. Najoan, and A. Sambul, “Rancang Bangun Purwarupa Sistem Rekam Medik Portable,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.11.1.2017.16746.

R. Hermawan and A. Fauzi, “Perancangan Sistem Informasi Kasir Penjualan Barang berbasis Website Metode Spiral Toko Warna,” J. SIFO Mikroskil, vol. 22, no. 2, pp. 101–114, 2021, doi: 10.55601/jsm.v22i2.836.

A. Nugraha, “Perancangan Aplikasi Point Of Sales (POS) Pada Apotek Mitra Sejahtera Berbasis Web,” Ikraith-Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 74–81, 2021, [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/916

A. Supriyatna, “Metode Extreme Programming pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 1–18, 2018, doi: 10.15408/jti.v11i1.6628.

Y. Panca Putra and W. Novrian, “Pengaplikasian Metode Extreme Programming pada Perancangan Sistem Informasi berbasis Website,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 5, pp. 572–585, 2023, [Online]. Available: https://djournals.com/klik

A. Anharudin, S. Siswanto, and R. M. Syakira, “Rancang Bangun Data Storage System berbasis Web dengan Metode Extreme Programming,” J. Tekno Kompak, vol. 16, no. 1, p. 123, 2022, doi: 10.33365/jtk.v16i1.1454.

D. A. J. Gerung, “Perancangan Sistem Informasi Point of Sales berbasis Website pada Toko Arpan Electric,” Blend Sains J. Tek., vol. 1, no. 2, pp. 133–156, 2022, doi: 10.56211/blendsains.v1i2.137.

S. Astiti, “Penerapan Metode Extreme Programming Pada Rancang Bangun Website Company Profile,” RESOLUSI Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 3, no. 3, pp. 247–257, 2023, [Online]. Available: http://djournals.com/resolusi/article/view/685

A. R. Yusmita, H. Anra, and H. Novriando, “Sistem Informasi Pelatihan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri (UPT LKI) Provinsi Kalimantan Barat,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 2, p. 160, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i2.36797.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v12i3.78761

Refbacks



Copyright (c) 2024 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License