Aplikasi Kehadiran Pegawai berbasis Geolokasi dengan Framework Flutter
Abstract
Sistem presensi dengan metode fingerprint yang umum digunakan oleh prusahaan mengharuskan pegawai untuk melakukan presensi langsung di kantor dan terkadang alat fingerprint juga memiliki masalah seperti tidak dapat mendeteksi sidik jari pegawai saat melakukan proses presensi. Penelitian ini mengusulkan pengembangan aplikasi mobile berbasis Android untuk pengelolaan kehadiran pegawai yang dilengkapi dengan fitur pendeteksian lokasi. Pendeteksian lokasi atau geolokasi dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi global positioning system (GPS). Fitur geolokasi digunakan untuk menunjukkan transparansi lokasi pegawai saat melakukan proses presensi. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan framework Flutter dengan bahasa pemrograman Dart dan pengelolaan basis data dengan postgreSQL. Selain fitur geolokasi, aplikasi yang dikembangkan juga memiliki kemampuan pendukung untuk pengelolaan data pegawai, pengelolaan cuti, riwayat gaji, serta fitur pengumuman dari perusahaan untuk pegawai. Proses pengembangan aplikasi dilakukan dengan menerapkan pendekatan Extreme Erogramming. Pengujian aplikasi dilakukan dengan dua metode, yaitu pengujian blackbox dan pengujian pengguna (User Acceptance Testin). Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa produk aplikasi yang telah selesai dikembangkan sudah sesuai dengan kebutuhan sistem (system requirement). Sedangkan hasil pengujian UAT menunjukkan angka sebesar 92.75% untuk user pegawai dan 98.74% untuk user HAR. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat diterima oleh pengguna dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. K. Wardhani and M. T. A. Aziz, “Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Klik Teknologi Indonesia),” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 15, no. 2, p. 145, 2018, doi: 10.33480/techno.v15i2.933.
F. Y. H. Ahmed, K. L. T. Aik, A. S. Radzi, and M. D. Salleh, “Develop attendance management system with feedback and complaint management function,” in Proceeding - 2019 IEEE 7th Conference on Systems, Process and Control, ICSPC 2019, 2019, no. December, pp. 248–252, doi: 10.1109/ICSPC47137.2019.9068041.
B. Isnanto, A. Amir Alkodri, and Supardi, “Attendance Monitoring with GPS Tracking on HR Management,” 2020 8th Int. Conf. Cyber IT Serv. Manag. CITSM 2020, 2020, doi: 10.1109/CITSM50537.2020.9268915.
D. Dönmez and G. Grote, The practice of not knowing for sure: How agile teams manage uncertainties, vol. 149, no. June. 2013.
R. S. Pressman and B. Maxim, Software Engineering: A Practitioner’s Approach 9th Edition. McGraw-Hill Education, 2019.
R. I. Borman, A. T. Priandika, and A. R. Edison, “Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan,” JUSTIN (Jurnal Sist. dan Teknol. Inf. ), vol. 8, no. 3, p. 272, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.40273.
M. M. Purba, Y. I. Chandra, and E. Orlando, “Penerapan Metode Agile Process Dengan Model Extreme Programming Dalam Merancang Aplikasi Informasi Pemantauan Status Gizi Anak Balita Berbasis Web Mobile,” JSI (Jurnal Sist. Informasi) Univ. Suryadarma, vol. 9, no. 1, pp. 83–94, 2022.
E. Erwanto, D. A. Megawaty, and P. Parjito, “Aplikasi Smart Village Dalam Penerapan Goverment To Citizen Berbasis Mobile Pada Kelurahan Candimas Natar,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 2, pp. 226–235, 2022.
E. Ngaga, S. D. B. Mau, and A. A. J. Sinlae, “Mobile Application Inventory Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 9, no. 4, pp. 2829–2842, 2022.
P. Abrahamsson, O. Salo, J. Ronkainen, and J. Warsta, “Agile software development methods: Review and analysis,” VTT Publ., no. 478, pp. 3–107, 2002.
M. Fauzi, A. Teddyyana, and D. Enda, “Pengembangan Aplikasi Mobile Tanggap Bencana Di Kab. Bengkalis Menggunakan Framework Flutter,” Zo. J. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 27–36, 2021, doi: 10.31849/zn.v3i1.5856.
D. Yanuaresta, I. N. Dewi, and R. R. Sani, “Pengembangan Integrated Ticketing System dengan Framework Scrum untuk Meningkatkan Transparansi Pengelolaan Wisata Pantai Pasir Kencana,” JUSTIN (Jurnal Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 11, no. 4, pp. 612–616, 2023, doi: 10.26418/justin.v11i4.69608.
S. Tjandra and G. S. Chandra, “Pemanfaatan Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang,” J. Inf. Syst. Hosp. Technol., vol. 2, no. 02, pp. 76–81, 2020, doi: 10.37823/insight.v2i02.109.
C. Kartiko, A. C. Wardhana, and D. P. Rakhmadani, “Pengembangan Mobile Learning Management System Dengan User Centered Design (UCD) Menggunakan Flutter Framework,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 2, p. 960, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.3524.
L. F. Luthfyana and E. Sediyono, “Rancang Bangun Aplikasi Smart Training Berbasis Android Menggunakan Flutter Dengan Metode RAD,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 420–437, 2021.
D. A. B. Prasetyo and Y. A. Susetyo, “Implementasi Information Schema Database Pada Postgre SQL Untuk Pembuatan Tabel Informasi Dengan Menggunakan Python Di PT XYZ,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 9, no. 3, pp. 1961–1972, 2022.
G. H. Wibowo, J. A. Prasetyo, and M. D. Ayatullah, “Rancang Bangun Aplikasi Presensi Berbasis Geolokasi dan Interval Waktu,” J. ELTEK, vol. 19, no. 1, pp. 18–25, 2021, doi: 10.33795/eltek.v1712.xxx.
R. M. Chopade and N. S. Dhavase, “Agile software development: Positive and negative user stories,” in 2017 2nd International Conference for Convergence in Technology, I2CT 2017, 2017, vol. 2017-Janua, pp. 297–299, doi: 10.1109/I2CT.2017.8226139.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v12i3.77370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
View My Stats
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License