Perancangan User Interface dan User Experience (UI/UX) pada Aplikasi Konek untuk PT. Agro Lestari Merbabu Berbasis Mobile dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Andro Adhita Pratama, Agung Budi Prasetijo, Dania Eridani

Abstract


Bidang pertanian adalah salah satu ujung tombak untuk menopang kehidupan manusia. Meskipun demikian, aktivitas mengakses informasi pertanian melalui media internet masih merupakan hal yang baru bagi petani. Terlihat dari kurangnya akses petani terhadap informasi mengenai pertanian. Hal inilah yang mendorong PT Agro Lestari Merbabu, untuk membantu mitra dalam menangani masalah – masalah pada tanaman yang mereka budidayakan. Bisa dengan mendapatkan solusi dari informasi yang dihadirkan pada aplikasi dan konsultasi kepada ahli tani. Penelitian ini bertujuan merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) sesuai dengan kebutuhan pengguna serta menghadirkan desain antarmuka yang baik untuk memberikan kepuasan kepada pengguna. Dalam pembuatan aplikasi tersebut, metode Design Thinking digunakan dengan berfokus pada desain antarmuka yang memudahkan bagi pengguna. Pengujian desain antarmuka dengan menggunakan metode usability testing cognitive walkthrough yang berfokus pada aspek learnability, effectiveness, dan satisfaction. Pada tahap penilaian satisfaction melibatkan pengujian usability menggunakan System Usability Scale (SUS) sebagai parameter evaluasi tingkat kepuasan pengguna terhadap antarmuka. Pada akhir penelitian desain prototype telah berhasil dirancang dengan menggunakan Figma. Hasil penilaian dari pengguna terhadap aplikasi memperoleh skor rata-rata sebesar 77 dengan predikat “good” untuk Pengguna atau Mitra, 83 untuk ahli tani dengan predikat “good”, dan 87.5 dengan predikat “excellent” untuk admin. Oleh karena itu, antarmuka aplikasi Konek telah mendapatkan kategori “acceptable” mengindikasikan desain antarmuka baik dan diterima oleh pengguna.


Keywords


Desain Mobile, Desain Antarmuka, Metode Design thinking, Cognitive Walkthrough

Full Text:

PDF

References


I. P. N. Damanik and M. E. Tahitu, “Perilaku Komunikasi Petani dan Strategi Penguatan Kapasitas Mengakses Informasi Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Ambon,” Jurnal Penyuluhan, vol. 16, no. 01, hal. 92-104, 2020.

D. Sanjaya and T. Ibadi, “Perancangan Desain UI / UX Aplikasi Jual Beli Hasil Pertanian Pasar Tani Ogan Ilir Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), vol. 4, no. 3, hal. 556–565, 2023.

S. N. Ayni, I. Aknuranda, and B. S. Prakoso, “Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Penjualan menggunakan Goal-Directed Design pada CV Gamma Scientific Biolab,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 9, hal. 2810–2819, 2020.

N. R. Wiwesa, “User Interface dan User Experience untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Sosial Humaniora Terapan, vol. 3, no. 2, 2021.

D. T. Widiatmoko and B. S. Utami, “Perancangan UI/UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus PT Selektani),” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 19, no. 1, hal. 120–136, 2022.

F. Fariyanto, Suaidah, and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode UX Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, hal. 52–60, 2021.

F. K. Bhakti, I. Ahmad, and Q. J. Adrian, “Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, hal. 45–54, 2022.

H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 2, no. 1, hal. 17–26, 2021.

M. S. Khairy and G. G. Firmansyah, “Penerapan Design Thinking pada Perancangan UI/UX Marketplace Sistem Rantai Pasok ‘Panen- Panen,’” Jurnal Informatika Polinema, vol. 8, no. 3, hal. 39–44, 2022.

D. M. Alfirahmi, D. S. Kania, and D. Yusup, “Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik Menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Jurnal of Social Science Research, vol. 3, no. 3, hal. 219–233, 2023.

K. Harlim and N. Setiyawati, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majuli Menggunakan Metode Design Thinking,” Journal of Information Technology Ampera, vol. 3, no. 2, hal. 108–123, 2022.

M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, vol. 1, no. 4, hal. 839–853, 2023.

Y. Sari, M. Arafah, and Novitasari, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik Dosen Menggunakan User Experience Questionnaire dan Heuristic Walkthrough,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sisem. dan Teknologi Informasi), vol. 5, no. 2, hal. 247–253, 2021.

I. W. Sudiarsa and I. G. B. Wiraditya, “Heuristic Evaluation Usability Analisys on Information and Tracking Covid-19 Application Peduli Lindungi Using Heuristic Evaluation,” Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 3, no. 2, hal. 354–364, 2020.

J. Brooke, “SUS: A ‘Quick and Dirty’ Usability Scale,” Usability Eval. Ind., no. July, hal. 207–212, 2020.

M. A. A. Kusumah, R. I. Rokhmawati, and F. Amalia, “Evaluasi Usability Pada Website E-commerce XYZ Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS),” Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 5, hal. 4340–4348, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v12i1.72750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License