Aplikasi Pengamanan Dokumen Digital Perusahaan Berbasis Android Menggunakan Algoritma AES-256

Tasya Diah Ayu, Yuli Asriningtias

Abstract


Advanced Encryption Standard (AES) merupakan algoritma kriptografi yang dapat digunakan untuk mengamankan data. Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) adalah blok chipertext simetrik yang dapat mengenkripsi (encipher) dan dekripsi (decipher) informasi. Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam sebuah penelitian. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang benar maka peneliti akan mendapatkan data-data yang memenuhi standar, maka dilakukan teknik pengumpulan data yaitu, studi dokumen.

 

Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem aplikasi android untuk pengamanan dokumen digital perusahaan dengan memanfaatkan AES-256 sebagai algoritma kriptografinya. Aplikasi yang dihasilkan dirancang dengan menggunakan framework Node js berbasis bahasa pemrograman javascript pada sisi backendnya, sedangkan pada sisi frontendnya menggunakan bahasa pemrograman kotlin yang dibuild menggunakan IDE (Integrated Development Environment) android studio. Database yang digunakan pada aplikasi ini adalah dengan menggunakan MySql. Proses enkripsi data dokumen digital menggunakan algoritma AES-256 dilakukan pada bagian backend dengan memanfaatkan library pada Node js yaitu yaitu Node.js Crypto Module. Data dokumen yang sudah berhasil dienkripsi, disimpan di dalam database MySql. Aplikasi yang dihasilkan menggunakan API(Application Programming Interface) sebagai perantara komunikasi antara bagian client dengan bagian server.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa telah terciptanya aplikasi pengamanan dokumen digital perusahaan dengan menggunakan algoritma AES-256. Aplikasi tersebut telah berhasil mengamankan dengan baik file dokumen digital perusahaan yang berfomat docx, pdf, csv/xlxs, png/jpg. File dokumen yang berhasil dienkripsi berhasil tidak dapat dibuka kecuali dengan menggunakan aplikasi ini berdasarkan kunci dan token yang sesuai.


Keywords


Pengamanan Dokumen; Algoritma AES-256; Enkripsi; Dekripsi

Full Text:

PDF

References


Permana, P. I. dan Alia Nutrisiany Purnomo, Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2019.

Pane, et al., Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online, Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.

Yuswardi, et al., Proteksi Aset Informasi, Padang: Get Press Indonesia, 2023.

Santoso, H., Membuat Multiaplikasi Menggunakan Visual Basic 6, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2005.

Ayuningsih, T. Y., Informatika, Bandung: Penerbit Duta, 2019, p. 23.

Iskandar, Metode Penelitian Dakwah, Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media, 2022, p. 131.

Wijaya, et al., Pemikiran Guru Besar Universitas Gadjah Mada Menuju Indonesia Maju 2045: Bidang Sains dan Teknologi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2021.

Driyani, D., “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR,” Jurnal String, vol. 3, no. 1, pp. 35-43, 2018.

Herlinah dan Musliadi KH, Android Studio, Photoshop, dan Audition, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019, pp. 1-273.

Joni Karman, et al., Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi SIG Pariwisata, Yogyakarta: Deepublish, 2019, pp. 1-163.

Destriana, et al., Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase "Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah", Yogyakarta: Deepublish, 2021, pp. 1-82.

Nugroho, A, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2009.

Prehanto, D. R., Model Sistem Pendukung Keputusan Dengan AHP Dan IPMS, Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020, pp. 1-71.

Ahmad, et al., Analisa & Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek, Bandung: Widina Media Utama, 2022.

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML (Unified Modeling Language), Bandung: Informatika Bandung, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v12i1.71449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License