Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Pelayanan Kebersihan DLHK3 Banda Aceh Menggunakan Pendekatan Business Process Improvement

Sri Rahmawati, Nur Izzaty, Muhammad Hamzah Syafiq Lubis

Abstract


Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh merupakan lembaga pemerintahan Kota Banda Aceh yang bertanggung jawab mengelola lingkungan hidup, kebersihan, dan keindahan Kota Banda Aceh dengan berbagai pelayanan, salah satunya adalah pelayanan kebersihan. Proses pelayanan kebersihan dilakukan sesuai dengan jadwal dan rute yang sudah ditentukan. Keseluruhan proses pelayanan tersebut dinamakan proses bisnis pelayanan kebersihan. Pada pelaksanaannya, masih ditemukan beberapa permasaalahan, seperti tidak adanya sistem informasi terkait jadwal dan rute pengangkutan sampah serta lamanya waktu yang dibutuhkan saat pembuatan jadwal dan rute baru berdasarkan laporan masyarakat yang disebabkan oleh proses pengiriman dan penerimaan berkas dari masyarakat yang belum menggunakan sistem yang terintegrasi. Hal tersebut mengakibatkan alur informasi antara DLHK3 dan masyarakat tidak update. Kemudian, masih terdapat kegiatan yang berulang pada pembuatan dokumen penentuan jalur dan rute pengangkutan sampah, dimana proses pengiriman dan penerimaan berkas yang seharusnya dapat dilakukan secara bersamaan atau bahkan dapat dihilangkan, hal ini menyebabkan terhambatnya kelancaran proses bisnis sehingga perlu dilakukannya evaluasi dan perbaikan proses bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan proses bisnis pada pelayanan kebersihan DLHK3 Banda Aceh menggunakan pendekatan Business Process Improvement (BPI) dengan 3 fase BPI, yaitu organizing for improvement, understanding the process, dan streamlining didukung dengan menggunakan software Bizagi Modeler. Dari hasil pengolahan data didapatkan hasil dari penelitian ini adalah adanya pengurangan aktifitas dari yang semula 74 aktivitas untuk as is model dengan waktu selama 775 menit menjadi 58 aktivitas untuk to be model dengan waktu selama 657 menit. Sehingga berdasarkan analisis proses bisnis yang dilakukan menggunakan Devil’s Quadrangle ditemukan bahwa adanya peningkatan fleksibilitas sebesar 21,6% dan efisiensi waktu meningkat sebesar 15,2% dengan adanya implementasi proses bisnis to be model.


Keywords


Business Process Improvement, Proses Bisnis, BPMN, Bizagi Modeler, Devil’s Quadrangle

Full Text:

PDF

References


BPS, Kota Banda Aceh Dalam Angka. 2022.

E. Nurazizah, I. I. Mauludin, I. R. Afifah, and R. Aziz, “Pemberdayaan masyarakat guna pemanfaatan sampah plastik menjadi ecobrick di dusun kaliwon desa kertayasa,” Proc. Uin Sunan Gunung Djati Bandung, vol. 1, no. 16, pp. 138–151, 2021.

M. Selomo, A. B. Birawida, A. Mallongi, and Muammar, “Bank Sampah Sebagai Salah Satu Solusi Penanganan Sampah Di Kota Makassar,” J. MKMI, vol. 12, no. 4, pp. 232–240, 2016.

R. Hull, J. Mendling, and S. Tai, Fundamentals of Business process management, vol. 37, no. 6. 2018.

B. S. Nugroho, D. Lestari, E. P. Rahayu, F. A. D. Pertiwi, N. Izzatin, and N. S. Suryani, “Penerapan Sistem Manufacturing, Inventory, dan Purchasing Berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) Odoo,” Solusi, vol. 21, no. 2, pp. 530–542, 2023.

H. Nopriandi, “Perancangan Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa,” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 1, no. 1, pp. 73–79, 2018, doi: 10.36378/jtos.v1i1.1.

M. Desy Ria and A. Budiman, “Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 122–133, 2021.

J. Harrington, Business Process Improvement: The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness, vol. 2, no. 1. 1991.

R. Darma, H. Y. Sastra, Arhami, and F. Erwan, “Nutmeg oil production process analysis using Business Process Improvement-a case study,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1082, no. 1, p. 012005, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1082/1/012005.

Mu’Adzah and T. Immawan, “Business process improvement in brown sugar industry in Kudus regency,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1764, no. 1, pp. 0–7, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1764/1/012182.

M. Chinosi and A. Trombetta, “BPMN: An introduction to the standard,” Comput. Stand. Interfaces, vol. 34, no. 1, pp. 124–134, 2012, doi: 10.1016/j.csi.2011.06.002.

S. K. Sari and A. Asniar, “Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Prosedur Pelaksanaan Proyek Akhir Sebagai Alat Bantu Identifikasi Kebutuhan Sistem,” J. Inform. dan Elektron., vol. 7, no. 2, pp. 143–152, 2015, doi: 10.20895/infotel.v7i2.137.

I. Rahmatillah and D. F. Farhatinnisa, “Perbaikan Proses Bisnis menggunakan Metode Business Process Improvement pada Divisi Kasir Supermarket X,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 280–287, 2022.

J. Hutagalung, N. Y. Setiawan, and R. I. Rokhmawati, “Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Penginapan Griya Brawijaya),” J-Ptiik.Ub.Ac.Id, vol. 3, no. 7, pp. 6912–6919, 2019.

D. Rahmawati, R. I. Rokhmawati, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis dan pemodelan proses bisnis bidang pelayanan perizinan menggunakan bussiness process model and notation (BPMN) studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Malang,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 11, pp. 1337–1347, 2017.




DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v12i1.69726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License