Penerapan Metode SMART dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Anak-anak TK Yatim dan Dhuafa
Abstract
Dalam melakukan penerimaan anak didik baru TK Al-Fath, pihak yayasan melakukan seleksi menggunakan perhitungan sederhana dan tidak menggunakan metode apapun. Penting bagi pihak yayasan untuk memastikan bahwa anak-anak baru yang diterima merupakan anak-anak yang memang layak menerima bantuan sehingga harapan dari dibentuknya TK Al-Fath dapat tercapai, yakni memberikan pendidikan yang layak bagi anak yatim dan atau piatu serta dhuafa sedari dini. Penerimaan anak-anak baru didasarkan pada pertimbangan terhadap beberapa kriteria yang telah ditentukan, seperti kondisi keluarga dan ekonomi. Penentuan penerimaan anak-anak TK Al-Fath dilakukan secara selektif tetapi belum menerapkan sistem pendukung keputusan. Sehingga, hasil akhir yang didapatkan kurang akurat karena potensi terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan menggunakan perhitungan sederhana cukup besar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh hasil berupa perangkingan dan pengelompokkan calon anak didik baru TK Al-Fath dari perhitungan menggunakan metode SMART yang akurat daripada menggunakan perhitungan sederhana yang saat ini masih diterapkan. Metode SMART merupakan metode pengambilan keputusan dengan cara melakukan perangkingan dan pengelompokan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Dilakukan perhitungan pengambilan keputusan menggunakan metode SMART (Simple Multi-Attribute Rating Technique) dengan enam kriteria, yaitu status yatim, status dhuafa, kepemilikan rumah, pekerjaan orang tua, penghasilan orang tua, dan umur dari calon anak didik baru. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap pihak Yayasan Al-Fath. Terdapat 52 sample calon anak didik baru yang mendaftar di TK Al-Fath dengan latar belakang yang beragam. Adapun hasil dari implementasi metode SMART pada sistem pendukung keputusan yang telah dilaksanakan, yaitu sebanyak 23 dari 52 anak yang mendaftar di TK Al-Fath diterima karena memiliki nilai akhir 50-100, dimana rentang nilai tersebut telah memenuhi ketentuan nilai akhir. Sedangkan, 29 dari 52 anak yang mendaftar di TK Al-Fath ditolak karena memiliki nilai akhir 0-49, dimana rentang nilai tersebut tidak memenuhi ketentuan nilai akhir yang telah ditetapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. Aminullah, “Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0,” Komunike, vol. 12, no. 1, pp. 1–23, 2020, doi: 10.20414/jurkom.v12i1.2243.
S. Habibah, “Implikasi Filsafat Ilmu terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,” DAR EL-ILMI J. Stud. Keagamaan, Pendidik. dan Hum., vol. 4, no. 1, pp. 166–180, 2017.
K. A. UMMAH, A. RIYADI, and S. HERIANINGRUM, “Pola Implementasi Alokasi Ziswaf Dalam Penyediaan Akses Pendidikan Bagi Kaum Dhuafa,” JEBI (Jurnal Ekon. dan Bisnis Islam., vol. 3, no. 2, p. 247, 2018, doi: 10.15548/jebi.v3i2.183.
Harjoyo, Waluyo, Suwandi, R. Oktarini, and T. A. Siswanto, “Pelatihan Kemandirian Anak Yatim Dan Dhuafa Dalam Mempersiapkan Masa Depan Di Yayasan Tunas Insan Mulia, Sawangan Depok,” J. Pengabdi. Sos., vol. 1, no. 2, 2021.
M. S. Dewi1, Novi Cahya, Aslan, “Gaya kepemimpinan kepala taman kanak-kanak,” Jmsp, vol. 4, pp. 159–164, 2020.
N. Hasanah and N. Laily, “Self-Efficacy dan Kepuasan Kerja pada Guru Taman Kanak-Kanak (TK),” Efektor, vol. 7, no. 1, pp. 80–89, 2020, doi: 10.29407/e.v7i1.14398.
499–507. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29110 Saputra1, AgusSaputra1, A., & Filahanasari1, E. (2020). Pengembangan Media Video untuk Pengenalan Karir di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, Vol. 3, No and E. Filahanasari1, “Pengembangan Media Video untuk Pengenalan Karir di Taman Kanak-Kanak,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. Vol. 3, No, no. 3, pp. 499–507, 2020.
J. Hendra and G. I. Putra, “Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Anak Melalui Permainan Olahraga Di Taman Kanak-Kanak,” J. Muara Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 438–444, 2019, doi: 10.52060/mp.v4i2.181.
R. I. Haryani, I. Jaya, and Y. Yulsyofriend, “Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang,” J. Ilm. Potensia, vol. 4, no. 2, pp. 105–114, 2019, doi: 10.33369/jip.4.2.105-114.
R. Fauzan, Y. Indrasary, and N. Muthia, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 79, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.101.
F. F. Effendy and S. Samosir, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMASOK BIJI KOPI,” vol. 26, no. 1, pp. 347–355, 2022, doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1880.
Qiyamullaily Arista, Nandasari Silvia, and Amrozi Yusuf, “Perbandingan Penggunaan Metode Saw Dan Ahp UntukSistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru,” Tek. Eng. Sains J., vol. 4, pp. 7–12, 2020.
R. Giofani, M. Sihombing, and I. Ambarita, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Indihome Terbaik Bagi Calon Pelanggan Menggunakan Metode Topsis ( Studi Kasus PT . Telkom Indonesia Kandatel Binjai ),” vol. 4, pp. 12–30, 2022.
D. R. Sari, A. P. Windarto, D. Hartama, and S. Solikhun, “Decision Support System for Thesis Graduation Recommendation Using AHP-TOPSIS Method,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.14710/jtsiskom.6.1.2018.1-6.
A. Organisasi, I. M. M. Menggunakan, M. Saw, R. Umar, A. Yudhana, and J. Dernata, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon,” vol. 9, no. 2, 2022.
I. M. Ari Santosa, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Paud Menggunakan Metode Smart,” Konf. Nas. Sist. Inform. 2017, pp. 446–451, 2017.
H. Sibyan, “Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Sekolah,” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 7, no. 1, pp. 78–83, 2020, doi: 10.32699/ppkm.v7i1.1055.
B. T. Hutagalung, E. T. Siregar, and J. H. Lubis, “Penerapan Metode SMART dalam Seleksi Penerima Bantuan Sosial Warga Masyarakat Terdampak COVID-19,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 170, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2618.
S. R. Andani, “Penerapan Metode SMART dalam Pengambilan Keputusan Penerima Beasiswa Yayasan AMIK Tunas Bangsa,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 3, p. 166, 2019, doi: 10.26418/justin.v7i3.30112.
T. Magrisa, K. D. K. Wardhani, and M. R. A. Saf, “Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 49, 2018, doi: 10.30872/jim.v13i1.648.
A. Marisya and E. Sukma, “Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli,” vol. 4, pp. 2189–2198, 2020.
DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v11i2.55971
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
View My Stats
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License