Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Kamar Inap Berbasis Web dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Hengky Anra, Tursina Tursina, Ryan Ariessa

Abstract


Pontianak dan sekitarnya tak hanya dikenal sebagai kota industri, pendidikan dan perdagangan, tetapi juga juga populer dengan pariwisatanya karena memiliki banyak tempat-tempat unggulan yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan, pebisnis luar daerah, maupun mahasiswa dari luar daerah untuk menginap sementara di sini. Namun, tak sedikit pengunjung dari luar wilayah Pontianak yang mengalami kesulitan dalam mencari tempat menginap dengan fasilitas sesuai kebutuhan, murah, aman, dan nyaman untuk ditinggali. Mereka harus melakukan usaha tersendiri untuk mencari kamar di lokasi yang belum mereka ketahui dalam waktu yang terbatas. Penelitian ini bertujuan menghadirkan solusi untuk permasalahan tersebut dengan membangun aplikasi pencarian kamar inap berbasis web. Aplikasi ini mengimplementasikan metode AHP (Analitical Hierarchy Process) dengan kriteria berupa harga, fasilitas, jarak, dan peraturan, serta menggabungkan google map pada website yang telah diiput oleh user (pemilik kamar). Kriteria tersebut diberi nilai agar dapat dirangkingkan, sehingga menghasilkan sebuah rekomendasi kamar untuk para pencari kamar inap. Dengan kriteria yang ada, pencari kamar dapat mempertimbangkan kamar yang menarik untuk dipilih sesuai dengan keinginan mereka. Sementara itu, sistem pendukung keputusan pada aplikasi ini menawarkan solusi untuk rujukan dalam memilih kamar inap. Sistem pendukung keputusan yang ditawarkan menggunakan metode AHP dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan sistem perangkingan berdasarkan bobot. Adanya aplikasi yang dapat memberikan rekomendasi dalam pemilihan kamar inap ini diharapkan dapat membantu para pencari kamar dalam memilih kamar yang tepat untuk menginap, sehingga mereka tidak memerlukan banyak usaha dan waktu lama untuk menemukan kamar yang sesuai keinginan.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; AHP; Cari Kamar; Kamar Inap

Full Text:

PDF

References


T. S. Jaya, “Pengujian Aplikasi Dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, 2018.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), 7th ed. Yogyakarta: Andi, 2012.

S. Rosa Ariani, Muhammad Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.

Harianto, A. B. P. Negara, and N. Safriadi, “Rancang bangun aplikasi virtual tour museum provinsi kalimantan barat untuk edukasi sejarah,” Informatics UNTAN, 2018.

F. Faidhani and A. S. Sukamto, “Sistem Pendukung Keputusan Penentu Bidang Keahlian Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Tanjungpura dengan Metode ELECTRE Decision Support System for Determining the Areas of Expertise for Students in the Informatics Study Program at the Univer,” vol. 9, no. 1, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i1.31357.

L. Aryani and S. Assegaff, “Perencanaan Arsitektur Sistem Informasi Pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Jambi Menggunakan Togaf Adm,” Jurnalmsi, vol. 2, no. 2, 2017.

K. Yusnitha et al., “JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wilayah Prioritas Intervensi Kegiatan Keluarga Berencana dengan Metode AHP-SMART,” vol. 5, no. 1, 2019.

Thomas L. Saaty, Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Jakarta: PT Dharma Aksara Perkasa, 1991.

G. B. Santos, H. Pradipta, and ..., “Implementasi Metode AHP untuk Rekomendasi Tempat Kost pada Aplikasi Kost Online,” Semin. Inform. …, 2016, [Online]. Available: http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP/article/download/27/26.

T. Saaty and K. Kułakowski, “Axioms of the Analytic Hierarchy Process (AHP) and its Generalization to Dependence and Feedback: The Analytic Network Process (ANP),” 2016, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/1605.05777.

G. S. Mahendra and P. G. S. C. Nugraha, “Komparasi Metode AHP-SAW dan AHP-WP pada SPK Penentuan E-Commerce Terbaik di Indonesia,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 08, no. 4, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i4.42611.

S. Permata, G. Setiawan, H. Sujaini, and M. A. Irwansyah, “Sistem Informasi Objek Wisata dengan Algoritma Djisktra untuk Rute Terdekat dan Metode Analitycal Hierarchy Process ( AHP ) untuk Rekomendasi,” vol. 08, no. 2, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i2.36804.

E. N. dan H. A. N. Moh.Muttaqin, “System ( Irs ) Dokumen Penelitian Menggunakan Basis Data Non-Relational System ( Irs ) of Research Document Using Non-Relational Database,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 5, no. 1, 2016.

Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstuktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2005.

H. Nopriandi, “Perancangan Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa,” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 1, no. 1, 2018, doi: 10.36378/jtos.v1i1.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v10i2.51781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License