Implementasi Location Based Service (LBS) Pada Aplikasi Mobile Pengenalan Objek Wisata Alam Provinsi Sumatera Utara

Muhamad - Alda, Mhd Ikhsan Rifki

Abstract


Sumatera Utara merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera dan beribukota di Kota Medan. Sumatera Utara memiliki berbagai jenis objek wisata salah satunya adalah objek wisata alam yang sangat banyak dan tersebar di berbagai Kabupaten. Namun, masih banyak penduduk Sumatera Utara dan wisatawan yang belum mengetahuinya. Minimnya informasi yang diperoleh tentang objek wisata alam tersebut merupakan salah satu hambatan yang terjadi dalam proses pengenalan objek wisata alam di Sumatera Utara. Tujuannya penulis melakukan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi mobile menggunakan Location Based Service (LBS) yang dapat digunakan sebagai media dalam memperkenalkan serta memberikan informasi lokasi objek wisata alam yang terhubung langsung dengan aplikasi Google Maps pada Provinsi Sumatera Utara. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan penulis pada penelitian adalah metode Rapid Application Development (RAD) yang terdiri dari tahapan perencanaan kebutuhan, desain, dan pembangunan atau konstruksi. Metode RAD merupakan metode yang memiliki proses pengembangan ringkas untuk menghasilkan sistem dengan kualitas tinggi dengan biaya rendah. Sedangkan tool yang digunakan penulis untuk menggambarkan rancangan aplikasi secara visual adalah Unified Modeling Language (UML) yang terdiri dari Use Case Diagram, Sequence Diagram dan Activity Diagram. Dalam proses pembangunan aplikasi, penulis menggunakan tools Kodular dan database Airtable. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu wisatawan dalam memperoleh informasi mengenai objek wisata alam yang berada di Provinsi Sumatera melalui smartphone android.

Keywords


Aplikasi, Mobile, Objek Wisata Alam, Sumatera Utara

References


Y. D. Wijaya, “Penerapan Metode Rapid Application Development (Rad) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Data Toko,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 95–102, 2021, doi: 10.24176/sitech.v3i2.5141.

W. Gunawan, “Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 69–76, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i1.5373.

A. A. Sumitro, A. A. E. Sinsuw, and X. B. N. Najoan, “Implementasi Location Based Service Untuk Aplikasi Mobile City Directory Studi Kasus Kota Kotamobagu,” J. Tek. Inform. Unsrat, vol. 11, no. 1, p. 141751, 2017, doi: 10.35793/jti.11.1.2017.16925.

A. F. Ummawati and A. Mulyani, “Aplikasi Pengenalan Pariwisata Pulau Bawean Berbasis Android,” … dan Obs. Sist. Komput., vol. 7, no. 1, pp. 46–53, 2020, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/1914.

I. G. Bgs, H. Young, P. Wibawa, and K. T. Werthi, “Rancang Bangun Media Interaktif Pengenalan Objek Wisata Tanah Lot Menggunakan Virtual Reality Berbasis Android,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., pp. 85–94, 2019.

N. W. Sudarmawan and A. R. Prasetia, “Pengenalan objek wisata alam Kabupaten Lebak melalui strategi komunikasi berbasis media digital,” … Commun. …, pp. 346–357, 2019, [Online]. Available: https://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1108.

W. R. Kusaeri, P. Juliana, and R. R. Pratama, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Metode Rapid Application Development (Rad) Di Pabrik Genteng Uun Super Jatiwangi,” Pros. Semnastek, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/3457.

M. P. Puteri and H. Effendi, “Implementasi Metode RAD Pada Website Service Guide ‘Tour Waterfall South Sumatera,’” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 7, no. 2, pp. 130–136, 2018, doi: 10.32736/sisfokom.v7i2.570.

N. Aini and S. Wicaksono, “Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi pada : SMK Negeri 11 Malang),” J-Ptiik.Ub.Ac.Id, vol. 3, no. 9, p. 9, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/6236/2996.

A. Mubarak, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2019, doi: 10.33387/jiko.v2i1.1052.

S. Kurniawan, T. Bayu, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan My.SQL,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.

H. N. Putra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya,” Sink. J. dan Penelit. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 67–77, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/130.

T. D. C. Rizki Septian Anwar, Mikhratunnisa, “PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DI PT. SAMAWA TIRTA ALAM SUMBAWA,” J. TAMBORA, vol. 3, no. 2, pp. 49–59, 2019.

M. Alda and Afifudin, “Application of New Student Registration Based on Mobile Application,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 6, no. 1, pp. 129–136, 2020, doi: 10.33480/jitk.v6i1.1382.

S. Surahman and E. B. Setiawan, “Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan,” J. Ultim. InfoSys, vol. 8, no. 1, pp. 35–42, 2017, doi: 10.31937/si.v8i1.554.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v10i2.50668

Refbacks



Copyright (c) 2022 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License