Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI
Abstract
Pengembangan layanan sarana pendidikan online terutama website e-learning saat ini sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas pembelajaran jarak jauh khususnya di lingkungan Perguruan Tinggi. Pembuatan website e-learning Perguruan Tinggi untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh perlu diukur efektifitasnya sebagai bahan evaluasi. Tujuan dari penelitian menganalisa dan mengidentifikasikan kepuasan pengguna website e-learning MyBest dengan menggunakan metode webqual 4.0. Webqual merupakan salah satu metode pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Variabel yang digunakan dalam pengukuran menggunakan webqual 4.0. adalah kegunaan (usability) informasi (information), interaksi layanan (interaction service) dan kepuasan pengguna (user satisfaction). Kuesioner dalam penelitian ini disusun sesuai dengan indikator webqual 4.0 terdiri dari 23 pertanyaan dan terbagi dalam 4 dimensi berdasar variabel webqual. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa keempat variabel webqual yaitu usability, information quality, dan service interaction quality dan variabel pelengkap user satisfaction pada web e-learning universitas berada pada kategori yang cukup tinggi dengan nilai kepuasan pada kategori puas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
K. Goldschmidt and P. D. Msn, “The Covid-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children,” no. January, 2020.
I. Sanjaya, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo dengan menggunakan Webqual 4.0,” J. Penelit. IPTEK-KOM, vol. 14, no. 1, pp. 1–14, 2012.
I. Purwandani, “Analisa Tingkat Kesiapan E-Learning (E-Learning Readiness) Studi Kasus: AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta,” Bianglala Inform., vol. 5, no. 2, Jun. 2017.
L. D. Herliandry, N. Nurhasanah, M. E. Suban, and H. Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, 2020.
L. A. S. Waluyo, “Mengukur Kualitas Website Universitas Dengan Pendekatan Webqual,” Pros. SNST ke-9, pp. 7–12, 2018.
D. Fauziah and D. Wulandari, “Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.com Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0,” J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., vol. 3, no. 2, pp. 173–180, 2018.
E. E. Barus, Suprapto, and A. D. Herlambang, “Analisis Kualitas Website Tribunnews.com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, pp. 1483–1491, 2018.
W. Sastika, “Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian pada Website e-commerce Traveloka,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2016 (SENTIKA 2016), vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016.
B. L. Wicaksono, A. Susanto and W. W. Winarno, "EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE PUSDIKLAT BPK RI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL MODIFIKASIAN DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS," Media Ekonomi & Teknologi Informasi, vol. 19, no. 1, pp. 21-34, Maret 2012.
J. Tarigan, “User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET),” J. Akunt. dan Keuang., vol. 10, no. 1, pp. 24–47, 2008.
S. J. Barnes, K. Liu, and R. T. Vidgen, “Global Co-Operation in the New Millennium EVALUATING WAP NEWS SITES: THE WEBQUAL/M APPROACH,” 9th Eur. Conf. Inf. Syst. Bled, Slov. June 27-29, 2001, pp. 344–355, 2001.
R. Rahmawati and S. Anwar, “Analisis Pengukuran Kualitas Layanan Website LP2M UIN Raden Fatah Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Intelekt. Keislaman, Sos. dan Sains, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2018.
G. Permadi, B. Soedijono, and A. Amborowati, “Pengukuran Mutu Website Dinas Pariwisata Pacitan Menggunakan Metode Webqual,” J. Inf., vol. 1, no. 2006, pp. 11–17, 2015.
Ahmad Aditiya, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual Pada Website www.wingscorp.com,” 2017.
C. Irawan, “Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir),” Sriwij. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 488–502, 2012.
J. Team, “JASP.” 0.14.1, 2020.
DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
View My Stats
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License