Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez)
Abstract
Frutivez merupakan produk camilan sehat berasal dari puree buah yang diolah menggunakan teknologi dehidrasi yang disajikan dalam bentuk strips. Seiring dengan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia, masyarakat cenderung untuk mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat, sehingga saat ini Frutivez memiliki peluang pemasaran produk yang lebih besar untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen. Dalam memasarkan produknya, Frutivez memanfaatkan digital marketing sebagai platform pemasaran onlinenya, khususnya di media sosial. Pada tahun 2020, terdapat media sosial yang mengalami perkembangan pesat hingga menjadi terkenal di dunia yaitu TikTok. Pengguna aplikasi TikTok di Indonesia didominasi oleh kaum milenial. Frutivez memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran dengan menghadirkan konten video menarik yang memungkinkan audiens TikTok untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk Frutivez pada akun TikTok @hellofrutivez. Namun, sebagian besar tren pada media sosial TikTok terus mengalami perubahan setiap harinya sehingga perusahaan harus siap dan cepat tanggap menghadapi perubahan dan melakukan evaluasi dengan tujuan mencapai efektivitas pemasaran. Dalam penelitian ini, efektivitas penggunaan media sosial TikTok pada akun TikTok @hellofrutivez diukur menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Model analisis pertama yang digunakan adalah Three Layers of Social Media yaitu, media analysis, conversation analysis, dan network analysis. Model analisis kedua yang digunakan adalah Analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil pengukuran terhadap konten video yang telah ditayangkan memberikan respon positif pada setiap kontennya dan menghasilkan engagement tertinggi pada konten video proses pembuatan banana strips . Hasil dari analisis SWOT pada akun TikTok @hellofrutivez memberikan beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan pemasaran online Frutivez di media sosial TikTok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. Chaffey and P. Smith, Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing. 2017.
A. M. Kaplan and M. Haenlein, “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media,” Bus. Horiz., vol. 53, no. 1, pp. 59–68, 2010.
M. H. dwi Wijaya and M. Mashud, “Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok,” Al-Mada J. Agama, Sos. dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 170–191, 2020.
Menkominfo, “Kementerian Komunikasi dan Informatika,” 2018. [Online]. Available: https://www.kominfo.go.id/content/detail/13332/kominfo-blokir-tik-tok-hanya-sementara/0/sorotan_media. [Accessed: 02-Feb-2021].
K. Catur and B. Wicaksono, “MENGUKUR EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA BAGI PERUSAHAAN,” no. 9, pp. 551–564, 2013.
B. Lucyantoro and M. Rachmansyah, “Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya),” J. Ekon. ’45, vol. 5, no. 1, 2018.
M. Rafhdian, A. Daengs GS, and A. F. Hasan, “Brand Equity on Brand Image of Tourism Object in Surabaya,” 2nd Int. Multidiscip. Conf. 2016 Novemb. 15th , 2016, Univ. Muhammadiyah Jakarta, Indones., vol. 1, no. 1, pp. 287–293, 2016.
F. Rachmawati, “PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PRODUK USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) PAHLAWAN EKONOMI SURABAYA,” Skripsi, no. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA, 2018.
A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia,” Semin. Nas. Keuang. dan Bisnis IV, no. April 2015, pp. 327–337, 2015.
E. D. S. Watie, “Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media),” J. Messenger, vol. 3, no. 2, p. 69, 2016.
M. Bulearca and S. Bulearca, “Twitter: a Viable Marketing Tool for SMEs?,” Glob. Bus. Manag. Res., vol. 2, no. 4, pp. 296–309, 2010.
P. Kotler and K. L. Keller, The scope of markets. 2012.
C. Dewi, “Daya Tarik Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Online,” no. November, pp. 27–34, 2020.
A. Mikhael, “USE OF TIKTOK FOR GRATIFICATIONS AND SELF-EXPRESSION AMONG URBAN GENERATION Z,” vol. 87, no. 1,2, pp. 149–200, 2019.
HooperHq, “What Is Engagement Rate? - Social Media Marketing Glossary,” 2020. [Online]. Available: https://www.hopperhq.com/social-media-marketing-glossary-2020/engagement-rate/. [Accessed: 02-Feb-2021].
Y. Subaktilah, N. Kuswardani, and S. Yuwanti, “Analisis SWOT: Faktor Internal dan Eksternal pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu,” J. Agroteknologi, vol. 12, no. 02, pp. 107–115, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v10i1.45284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
View My Stats
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License