Penerapan Metode Extreme Programming Pada E-Voting Pemilihan Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sekolah Tinggi Teknologi XYZ

Alfis Arif

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode Extreme Programming pada sistem E-Voting pemilihan ketua unit kegiatan mahasiswa (UKM) pada Sekolah Tinggi XYZ. Berdasarkan hasil observasi bahwa Pemilihan ketua unit kegiatan mahasiswa (UKM)  masih dilakukan secara konvesional yaitu masih menggunakan kertas dalam pencoblosan sehingga kurang efektif dan efesien baik dalam hal waktu, biaya dan tenaga. Sehingga perlu adanya ketersediaan sistem pendukung pada pemilihan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi XYZ agar proses pemilihan ketua unit kegiatan mahasiswa (UKM) menjadi lebih efektif dan efisien. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu Extreme Programming yang terdiri dari Planning, Design, Coding, dan Testing. Sedangkan aplikasi yang digunakan untuk merancang sistem yaitu Axure Pro, bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan menggunakan Black Box Testing didapatkan bahwa sistem E-Voting secara fungsional menghasilkan pengujian sesuai yang diharapkan (berhasil) yaitu dengan melakukan pengujian terhadap halaman admin dan halaman mahasiswa  dari fungsi View, Input, Edit, Delete dan Print data berhasil dilakukan.


Keywords


E-voting; unit kegiatan mahasiswa (UKM); PHP

Full Text:

PDF

References


ARIFIN, M., 2016. Analisa dan Perancangan Sistem E-Voting Pemilu Raya BEM (PEMIRA-BEM) di Universitas Muria Kudus. Surabaya, Jurusan Sistem Informasi ITS dan Association for Information Systems Indonesia Chapter (AISINDO).

AZWANTI, N., 2017. Perancangan E-Voting Berbasis Web. Jurnal Komputer Terapan, 03(2), pp. 119-132.

IKHWANI, Y., 2018. Analisis dan Rancangan Sistem E-Voting Pemilihan Ketua OSIS. Technologia, 09(03), pp. 138-143.

LAVARINO, D., 16. Rancang Bangun E-Voting Berbasis Website di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Manajemen Informatika, 06(1), pp. 72-81.

M. SIDI MUSTAQBAL, R. F. F. A. H. R., 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan (JITTER), 1(3), pp. 31-36.

POLUAN, C., 2015. Analisis Penerapan Metode Direct Costing terhadap Penentuan Harga Pokok Produksi pada PT. Bangun Wenang Beverage Company. Jurnal EMBA, 03(1), pp. 34-42.

PRATAMA, E. B., 2017. Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi e-Commerce. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(2), pp. 92-102.

RISNANTO, S., 2017. Aplikasi Pemungutan Suara Elektronik / E-Voting menggunakan Teknologi Short Message Service dan AT Command. Jurnal Teknik Informatika, 10(1), pp. 17-26.

SHALAHUDDIN, R. A. M., 2014:275. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan. Bandung: Informatika Bandung.




DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v9i2.44266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License