Analisis Gap Pada Metode Pembelajaran Berbasis Elektronik Terstruktur dan Tidak Terstruktur Untuk Mengetahui Tingkat Keberhasilan Penyampaian Materi Kuliah Kepada Mahasiswa
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi telah mendorong kemajuan di berbagai bidang. Dalam bidang pendidikan, contohnya penggunaan e-learningyang merupakan hasil integrasi teknologi dan pendidikan yang muncul sebagai media untuk pembelajaran yang menggunakan teknologi internet. Kebutuhan e-learning yang tak terbantahkan dalam pendidikan menyebabkan pertumbuhan yang besar dalam hal jumlah materi e-learning yang di-share dan sistem e-learning yang menawarkan berbagai jenis layanan. Ada 2 tipe e-learning, yaitu unstructured e-learning dan structured e-learning. Masing-masing tipe tersebut dibedakan menjadi dua bentuk berdasarkan faktor-faktor evaluasi kesuksesan suatu e-learning. Pesatnya penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran, membuat kualitas sistem e-learning menjadi perhatian besar untuk memaksimalkan efektivitas sistem e-learning. Evaluasi kualitas sistem e-learning menjadi sangat penting dilakukan untuk memastikan dan mengetahui tingkat keberhasilan penyampaian materi melalui e-learning kepada para peserta didik, penggunaan e-learning yang efektif, dan dampak positif e-learning untuk peserta didik. Dua metode pembelajaran berbasis e-learning yang dilakukan, yaitu structured learning dengan user interface baik dan unstructured learning dengan user interface baik. Evaluasi dilakukan terhadap penyajian mata kuliah dengan dua metode pembelajaran berdasarkan hasil tes pemahaman materi. Hal ini dilakukan untuk melihat bagaimana pemahaman mahasiswa terhadap materi mata kuliah yang dibedakan atas dua kategori penyajian. Serta melakukan evaluasi kegunaan (usability) produk LMS UNJA. Diperoleh nilai rata-rata test akhir 78,15 untuk metode structured learning dan 69,19 untuk metode unstructured learning. Hasil evaluasi usability produk LMS UNJA, menyatakan secara keseluruhan, produk LMS UNJA secara usability sudah dapat diterima atau sudah layak, sesuai dengan rata-rata nilai usability produk yang diperoleh yaitu, 73,46.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. Otto and S. Becker, “E-Learning and Sustainable Development,” 2018, p. 8.
H. M. Selim, “Critical success factors for e-learning acceptance: Confirmatory factor models,” Comput. Educ., 2007, doi: 10.1016/j.compedu.2005.09.004.
P. Nicholson, “A History of E-Learning,” in Computers and Education, Dordrecht: Springer Netherlands, 2007, pp. 1–11.
J. L. Moore, C. Dickson-Deane, and K. Galyen, “E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?,” Internet High. Educ., 2011, doi: 10.1016/j.iheduc.2010.10.001.
I. P. Ramayasa, “Evaluation Model of Success and Acceptance of E-Learning,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 3182, no. 3, pp. 462–469, 2015, [Online]. Available: http://www.jatit.org/volumes/Vol82No3/16Vol82No3.pdf.
D. Al-Fraihat, M. Joy, R. Masa’deh, and J. Sinclair, “Evaluating E-learning systems success: An empirical study,” Comput. Human Behav., vol. 102, pp. 67–86, Jan. 2020, doi: 10.1016/j.chb.2019.08.004.
R. E. Mayer, “Using multimedia for e-learning,” Journal of Computer Assisted Learning. 2017, doi: 10.1111/jcal.12197.
S. Choudhury and S. Pattnaik, “Emerging themes in e-learning: A review from the stakeholders’ perspective,” Comput. Educ., 2020, doi: 10.1016/j.compedu.2019.103657.
M. W. Allen, Michael Allen’s Guide to e-Learning. Hoboken, NJ, USA: John Wiley & Sons, Inc., 2016.
M. Johnson, “Effective practice with e-learning,” Br. J. Educ. Technol., 2005, doi: 10.1111/j.1467-8535.2005.00547_5.x.
Y.-H. Lee, C. Hsiao, and S. Hadi, “Enhancing e-learning Acceptance: An Empirical Examination on individual and system characteristics,” Acad. Manag. Proc., vol. 2012, no. 1, p. 15828, 2012, doi: 10.5465/ambpp.2012.15828abstract.
S. Ozkan and R. Koseler, “Multi-dimensional students’ evaluation of e-learning systems in the higher education context: An empirical investigation,” Comput. Educ., 2009, doi: 10.1016/j.compedu.2009.06.011.
C. De Medio, C. Limongelli, F. Sciarrone, and M. Temperini, “MoodleREC: A recommendation system for creating courses using the moodle e-learning platform,” Comput. Human Behav., 2020, doi: 10.1016/j.chb.2019.106168.
A. Revythi and N. Tselios, “Extension of Technology Acceptance Model by using System Usability Scale to assess behavioral intention to use e-learning,” Educ. Inf. Technol., vol. 24, Jul. 2019, doi: 10.1007/s10639-019-09869-4.
U. Ependi, F. Panjaitan, and H. Hutrianto, “System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 2, p. 80, 2017, doi: 10.20473/jisebi.3.2.80-86.
DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v9i2.43494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
View My Stats

All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License