Perancangan Website Penyedia Informasi Promosi dan Diskon

Mesri Silalahi, Saut Pintubipar Saragih

Abstract


Perkembangan internet yang sangat pesat memiliki peran yang sangat penting dalam segala bidang, terlebih pada saat pandemi seperti saat ini berbagai hal dilakukan dengan menggunakan internet, termasuk dalam penyampaian informasi promosi dan diskon produk perusahaan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi berupa website yang menyediakan informasi promosi dan diskon. Dalam perancangan sistem digunakan model waterfall, dengan tahapan mulai dari analisis, perancangan, pengkodean hingga pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya website yang menyediakan informasi promosi dan diskon, konsumen dan calon konsumen di Kota Batam dapat mengetahui berbagai informasi promosi dan diskon dengan cepat tanpa harus pergi ke lokasi toko atau pemasar secara langsung sehingga dapat menghemat biaya, tenaga dan Selain itu, mereka juga menghindari keramaian dalam upaya menghindari berbagai penyakit atau virus. Pemasar juga dapat menyampaikan berbagai informasi produknya dengan mudah tanpa harus mencetak brosur atau media lain secara manual sehingga dapat menghemat biaya promosi.


Keywords


Diskon; Produk; Promosi; Website

Full Text:

PDF

References


V. M. M. Siregar, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk,” TAM (Technology Accept. Model., vol. 9, no. 1, pp. 15–21, 2018.

Y. Tresnawati and K. Prasetyo, “Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial,” PRofesi humas, vol. 3, no. 1, p. 102, 2018, doi: 10.24198/prh.v3i1.15333.

S. Amanah, “Efektivitas Strategi Promosi Melalui Promotion MIX sebagai Upaya Penguatan Eksistensi Lembaga STAIN Kediri,” Mediakita, vol. 2, no. 2, pp. 143–160, 2018, doi: 10.30762/mediakita.v2i2.987.

M. A. Marzuq and A. L. Andjarwati, “LABEL PRODUK, IKLAN EMOSIONAL, DAN DISKON SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN,” J. Ilmu Manaj., vol. 8, no. 4, 2020.

A. Prabarini, B. Heryanto, and P. Astutik, “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toserba Borobudur Kediri (Studi Kasus Produk Kecantikan Wardah),” JIMEK, vol. 1, no. 2, pp. 259–270, 2018, doi: 10.30737/jimek.v1i2.308.

E. Hutabarat, “Pengaruh Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan,” J. Ilm. Methonomi, vol. 3, no. 2, pp. 83–91, 2017.

S. Kosasi, “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar,” Pros. SNATIF Ke-1, pp. 225–232, 2014.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019, doi: 10.34010/common.v3i1.1950.

Q. Ayuni, H. Cangara, and Arianto, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK KULINER KEMASAN THE INFLUENCE OF DIGITAL MEDIA USE ON SALES LEVEL OF CULINARY PACKAGE PRODUCT AMONG FEMALE,” J. Penelit. Komun. dan Opini Publik, vol. 23, no. 2, pp. 129–141, 2019.

L. Moriansyah, “Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences,” J. Penelit. Komun. dan Opini Publik, vol. 19, no. 3, pp. 187–196, 2015.

Z. Umami, “Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta,” J. Interak., vol. 4, no. 2, pp. 195–201, 2015, doi: 10.14710/interaksi,4,2,195-201.

S. K. DEWI and A. K. GARSIDE, “PERANCANGAN WEbSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTrY ABON,” J. Tek. Ind., vol. 15, no. 2, p. 170, 2014, doi: 10.22219/jtiumm.vol15.no2.170-181.

A. Fajrin, “PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI OVO,” J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 11, no. 2, pp. 201–223, 2020.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

A. Rifai and Y. P. Yuniar, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.64.




DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v9i2.43463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License