Perancangan Aplikasi Game IQ Test dengan Mengimplementasikan Linear Congruent Method (LCM)

Eky Pambudi Syiamtoni, Iskandar Fitri, Sari Ningsih

Abstract


Dengan dilakukannya penelitian mengenai perancangan aplikasi Game IQ Test ini, diharapkan bisa berfungsi sebagai media alternatif yang pada umumnya media pengujiannya masih banyak yang menggunakan kertas, tetapi hal itu kurang efesien karena bisa berdampak buruk pada lingkungan dan mengancam kelestarian hutan, oleh karena itu dengan kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk media alternatif dari pemakaian kertas. Perancangan aplikasi Game IQ Test bisa lebih efesien untuk semua pengguna dan lebih ramah untuk lingkungan, karena aplikasi Game IQ Test ini sifatnya mobile dengan menggunakan tools construct 2. Dalam perancangannya dibuat system acak soal, system yang digunakan untuk mengacak soal yaitu dengan memakai Linear Congruent Method atau biasa disebut LCM, LCM adalah membangkit bilangan acak, biasa sering digunakan pada pemprograman computer, sebagian orang yang memakai metode LCM ini pada aplikasinya hanya sebagai pengacak soal agar setiap pengguna mendapatkan bentuk soal yang berbeda. Dari hasil pengujian pada aplikasi Game IQ Test mendapatkan presentase nilai rata - rata 88% yang menjawab setuju dari penggunaan skala likert.


Keywords


Construct 2; Game; Linear Congruent Method (LCM); Tes IQ

Full Text:

PDF

References


A. D. Hartanto, W. Mega, P. Dhuhita, and A. Tinangon, “PERANCANGAN GAME MULTIPLATFORM MENGGUNAKAN SCIRRA CONSTRUCT 2 DAN HTML 5 E-91 E-92,” pp. 91–98, 2014.

V. Maarif, A. E. Widodo, and D. Y. Wibowo, “Aplikasi Tes IQ Berbasis Android,” ijse.bsi.ac.id IJSE – Indones. J. Softw. Eng. ISSN, vol. 3, no. 2, pp. 2461–690, 2017.

D. P. T. Wardani, “Implementasi Linier Congruent Method Untuk Pengacakan Soal Ujian Pada Aplikasi Belajar Hiragana,” Edu Komputika J., vol. 2, no. 2, pp. 29–39, 2015, doi: 10.15294/edukomputika.v2i2.7856.

G. Gunawan and D. A. Prabowo, “SISTEM UJIAN ONLINE SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN PENGACAKAN SOAL MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Bengkulu),” J. Inform. Upgris, vol. 3, no. 2, pp. 143–151, 2017, doi: 10.26877/jiu.v3i2.1872.

D. S. Utama and Y. Asriningtias, “Perbandingan Waktu Akses Algoritma Fisher-Yates Shuffel Dan Linear Congruent Method Pada Soal Try-Out Berbasis Web,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 2, no. 2, p. 93, 2017, doi: 10.14421/jiska.2017.22-04.

R. Tullah, M. Iqbal, and A. S. Cahyadiputra, “Perancangan Aplikasi Simulasi Tes IQ Untuk Tingkat SLTA Berbasis Web,” J. SISFOTEK Glob., vol. 5, no. 1, pp. 31–36, 2018.

D. Irsa, W. Wiryasaputra, and S. Primaini, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( Lcm ) Berbasis Android,” J. Inform. Glob., vol. 6, no. 1, pp. 7–14, 2015.

A. Marwan, Sutardi, and R. Ramadha, “Penerapan Metode Linear Congruent Method (Lcm) dalam Perancangan dan Pembuatan Game Monopoli Edukasi untuk Tokoh Pahlawan Nasional,” SemanTIK, vol. 3, no. 1, pp. 229–236, 2017.

M. M. Raditya, F. Fauziah, and R. T. Komalasari, “Rancang Bangun Game IQ Test Preparation dengan Mengimplementasikan Metode FSM,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, p. 128, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i1.37941.

I. A. Saputra, J. A. Widians, and Rosmasari, “Aplikasi Sistem Pakar Skoring Tes Iq Dengan Alat Cfit Berbasis Desktop,” Univ. Mulawarman, vol. 2, no. 1, pp. 146–151, 2017.

T. L. T. J. C. Sitanggang, “Aplikasi Pengacak Soal Ujian Berkategori Menggunakan Metode LCM (Linear Congruent Method),” MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., 2016.

J. A. Yustin, H. Sujaini, and M. A. Irwansyah, “Rancang bangun aplikasi game edukasi pembelajaran matematika menggunakan construct 2,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2016.




DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v9i2.43329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License