Market Basket Analysis pada Barang Minimarket dimasa Pandemi Covid-19
Abstract
Sebuah minimarket memerlukan suatu analisa untuk mengetahui kebiasaan pembelian konsumen di masa pandemi covid 19. Penelitian ini nantinya akan berguna untuk menata tata letak barang di toko, menentukan promosi produk dan mengefisienkan stok produk agar transaksi penjualan berjalan lancar serta meningkatkan hasil penjualan. Metode market basket analys dapat digunakan untuk menganalisis keterkaitan produk yang dibeli konsumen sekaligus untuk mengetahui kebiasaan membeli konsumen. Penelitian berhasil menemukan kombinasi produk yang saling terkait yang memiliki nilai support dan confidence tertinggi pada kombinasi produk Basic Food, Home Care, Instant Food yang memiliki nilai support 14,1% dan confidence 100% serta produk kombinasi. Kombinasi pembelian produk berupa susu, snack, ice cream memiliki nilai support 14,1% dan confidence 100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
J. Yawney and S. A. Gadsden, “A Study of the COVID-19 Impacts on the Canadian Population,” IEEE Access, vol. 8, pp. 128240–128249, 2020.
A. D. Kusumastuti, “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Eksistensi Bisnis Umkm Dalam Mempertahankan Business Continuity Management (Bcm),” J. Adm. Bisnis Fisipol Unmul, vol. 8, no. 3, pp. 224–232, 2020.
Muhyiddin, “Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia,” J. Perenc. Pembang. Indones. J. Dev. Plan., vol. 4, no. 2, pp. 240–252, 2020.
P. Widyastuti, “Analisis Keputusan Pembelian : Fenomena Panic Buying Dan Service Convenience ( Studi Pada Grocery Store Di Dki Jakarta ),” Proceeding SENDIU, vol. 1, no. 6, pp. 583–591, 2020.
A. Bayu and M. Kamim, “Wabah Virus Korona Dan Momentum Evaluasi Rezim Ketahanan Pangan Di Indonesia ( Covid-19 Pandemic and Momentum of Food Security Evaluation in Indonesia ),” J. Kependud. Indones., vol. 2902, pp. 87–92, 2020.
A. Amri, “Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia,” J. Brand, vol. 2, no. 1, pp. 147–153, 2020.
H. Andika and S. W. Hati, “Analisis perbandingan kepuasan pelanggan antara minimarket indomaret dengan alfamart di kota batam,” vol. 6, no. 2, pp. 119–134, 2018.
R. D. Bekti, N. Pratiwi, M. T. Jatipaningrum, and D. Auliana, “Analisis Pengaruh Lokasi Dan Karakteristik Konsumen Dalam Memilih Minimarket Dengan Metode Regresi Logistik Dan Cart,” Media Stat., vol. 10, no. 2, p. 119, 2017.
T. Taufik and E. A. Ayuningtyas, “Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online,” J. Pengemb. Wiraswasta, vol. 22, no. 01, p. 21, 2020.
E. Elisa, “Market Basket Analysis Pada Mini Market Ayu Dengan Algoritma Apriori,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 472–478, 2018.
G. Surya, P. Gede, and S. Cipta, “Komparasi Metode AHP-SAW dan AHP-WP pada SPK Penentuan E-Commerce Terbaik di Indonesia Comparison of AHP-SAW and AHP-WP Methods on DSS to Determine the Best E-Commerce in Indonesia,” vol. 08, no. 4, pp. 346–356, 2020.
R. Muzawi, Tashid, and M. Nasution, “Sistem Monitoring Ketersediaan Bahan Baku Cor Beton Menggunakan Metode Market Basket Analysis,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 1, no. 1, 2019.
H. Santoso, I. P. Hariyadi, and Prayitno, “Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” Tek. Inform., no. 1, pp. 19–24, 2016.
A. N. Sagin and B. Ayvaz, “Determination of Association Rules with Market Basket Analysis: Application in the Retail Sector,” Southeast Eur. J. Soft Comput., vol. 7, no. 1, 2018.
N. Isa, N. A. Kamaruzzaman, M. A. Ramlan, N. Mohamed, and M. Puteh, “Market Basket Analysis of Customer Buying Patterns at Corm Café,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. October, pp. 119–123, 2018.
I. A., O. U., O. T., F. T., and A. A., “Automated Market Basket Analysis System,” Int. J. Comput. Appl., vol. 180, no. 39, pp. 44–51, 2018.
I. Surjandari and A. C. Seruni, “Design of Product Placement Layout in Retail Shop Using Market Basket Analysis,” MAKARA Technol. Ser., vol. 9, no. 2, pp. 43–47, 2010.
M. Kaur and S. Kang, “Market Basket Analysis: Identify the Changing Trends of Market Data Using Association Rule Mining,” Procedia Comput. Sci., vol. 85, no. Cms, pp. 78–85, 2016.
N. A. Hasibuan et al., “Implementasi Data Mining Untuk Pengaturan Layout,” vol. 4, no. 4, pp. 6–11, 2017.
A. Madan Mirajkar, A. P. Sankpal, P. S. Koli, R. A. Patil, A. R. Pradnyavant, and J. J. Magdum, “Data Mining Based Store Layout Architecture for Supermarket,” Int. Res. J. Eng. Technol., pp. 2395–56, 2016.
DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v9i2.43243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
View My Stats

All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License