Algoritma Dijkstra untuk Menentukan Jalur Tercepat pada Pendistribusian Barang Berbasis Mobile

Rumini Rumini, Dian Lesmana

Abstract


Seiring dengan banyaknya perkembangan teknologi, perkembangan smartphone berkembang sangat pesat. Saat ini smartphone telah menjadi perangkat yang banyak dimiliki oleh semua kalangan masyarakat, dari kelas menengah kebawah sampai menengah keatas. Salah satu sistem operasi yang digunakan pada smartphone adalah mobile, pada sistem operasi mobile tersebut banyak menyediakan berbagai macam aplikasi, salah satunya adalah aplikasi yang memanfaatkan fungsi dari lokasi dengan menggunakan GPS (Global Positioning System). Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi berbasis satelit yang dapat digunakan untuk menginformasikan lokasi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem GPS tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan lokasi toko yang akan didistribusi secara cepat dan mudah, sedangkan untuk penentuan jalur menggunakan algoritma Dijkstra. Menentukan jalur terpendek dapat diselesaikan dengan permodelan graf menggunakan algoritma dijkstra. Algoritma dijkstra menggunakan prinsip greedy, yaitu mencari jalur terpendek dari satu titik ke titik lainnya yang terhubung. Algoritma dijkstra ini diterapkan pada sebuah aplikasi location based service dengan platform mobile yang memanfaatkan Google Map sebagai petanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu aplikasi Location Based Service (LBS) pada perangkat mobile berbasis Mobile, yang mampu membantu menentukan jalur tercepat untuk pendistribusian barang agar dapat mengefisiensi waktu dan biaya sekaligus dapat memberikan masukan untuk google bahwa dalam aplikasi ini dapat menentukan lebih dari satu tujuan di dalam maps dalam sekali jalan, sehingga dapat diketahui jalur terpendek yang akan dituju terlebih dahulu, sedangkan google maps hanya dapat menentukan satu tujuan dalam perjalanan. Aplikasi dapat menunjukkan jalur pendistribusian barang lebih dari satu tujuan. Aplikasi dapat memberikan informasi urutan toko menurut jarak terdekat sesuai tujuan yang telah dipilih. Berdasarkan hasil pengujian jarak yang telah dilakukan, diketahui bahwa persentase rata-rata selisih jarak antara aplikasi distribusi ini dan haversine sebesar 0.648%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi distribusi ini dapat menghitung jarak dengan cukup baik.


Keywords


Location Based Service; Pendistibusian barang; Algoritma Dijkstra; Mobile; Jarak; Aplikasi Mobile

Full Text:

PDF

References


M.R, “GPS (Global Positioning System).” https://www.kajianpustaka.com/2017/09/gps-global-positioning-system.html.

A. S. and D. R.E.C., “Implementasi Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LBS) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek,” J. SISFOTEK Glob., vol. 7, pp. 27–33, 2017.

N. Rachmat, A. Muhajirin, and Muchsin, “Tracking Kendaraan Mobil Dengan Pemanfaatan GPS Berbasis Android,” J. Kaji. Ilm. UBJ, vol. 15, pp. 103–120, 2015.

M. R. Fahlivi and Attariq, “Sistem Tracking Position Berdasarkan Titik Koordinat GPS Menggunakan Smartphone,” J. Infomedia, vol. 2, pp. 25–29, 2017.

E. R. Putri, Sistem pakar dengan menggunakan metode dempster shafer untuk mendeteksi jenis perilaku abnormal adhd (attention deficit hyperactivity disorder) pada anak. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2013.

R. A. Kusuma, Y. Sholva, and R. D. Nyoto, “Aplikasi Peringatan Rambu Lalu Lintas dengan Metode Location Based Service Berbasis Mobile,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 08, no. 3, pp. 230–238, 2020.

S. T. Syahputra, “Pendistribusian barang farmasi menggunakan algoritma dijkstra (studi kasus: pt. Air mas chemical),” J. Mantik Penusa, vol. 17, 2015.

D. Ardana and R. Saputra, “Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang,” 2016.

Androiddev, “Developer.android.” https://developer.android.com/studio/intro?hl=ID.

M. I. Ridwansyah, “Konsep Dasar Database SQLite pada Android," medium.com.” https://medium.com/easyread/konsep-dasar-database-sqlite-pada-android-e9445558f494.

Firebase, “Firebase Realtime Database.” https://firebase.google.com/docs/database?hl=id.

R. A. S and S. M., Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2018.

W. Gata, Sukses Membangun Aplikasi Penjualan Dengan Java. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i4.42250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License