Penerapan Algoritma Apriori untuk Prediksi Kebutuhan Suku Cadang Mobil

Agung Adi Firdaus, Nur Iksan, Devy Nur Sadiah, Linda Sagita, Dwiki Setiawan

Abstract


Dalam pangadaan suku cadang untuk proses produksi mobil, dibutuhkan informasi atau pengetahuan terkait suku cadang mobil yang dibutuhkan agar proses dan hasil produksi perusahaan efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritma apriori untuk prediksi suku cadang mobil yang sering muncul. Subjek penelitian yang digunakan adalah data produksi mobil BMW PT Gaya Motor. Model penelitian yang dilakukan adalah market basket analysis. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi: (1) Pengumpulan Data; (2) Data Training; (3) Pembentukan Association Rule, (4) Uji Lift Ratio, dan (5) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu Tipe mobil BMW yang paling banyak diproduksi tahun 2018 adalah BMW 320 dan BMW 7 Series. Sehingga perusahaan dapat menggunakan hasil ini untuk menentukan strategi terkait pengadaan suku cadang pada tipe mobil tersebut. Berdasarkan Uji Lift Ratio yang telah dilakukan, terdapat dua rule yang sangat kuat dan valid untuk digunakan dalam prediksi suku cadang mobil BMW yaitu BMW 320 dan BMW 7 SERIES.


Keywords


Prediksi; Suku Cadang; Apriori

Full Text:

PDF

References


I. Budiman, M. Muliadi, and R. Ramadina, “Penerapan Fungsi Data Mining Klasifikasi untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa Tepat Waktu pada Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi,” J. Penelit. Ilmu dan Teknol. Komput., vol. 7, no. 1, p. 289138, 2015.

Nada, “Konsep Dasar Data Mining,” http://lbi.si.fti.unand.ac.id, 2018. .

N. Pransiska and A. H. Mirza, “Bina Darma Conference on Computer Science PENERAPAN DATA MINING PREDIKSI PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK TERLARIS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES ( Study Kasus : Planet Cash And Credit Cabang Muara Enim ) Bina Darma Conference on Computer Science,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., pp. 2157–2169, 2016.

Yulia and N. Azwanti, “Data Mining Prediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga di Kota Batam Dengan Menggunakan Algoritma C4.5,” Semin. Nas. Ilmu Sos. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 175–180, 2018.

Sidharta, “Pusat Modifikasi Otomotif BMW di Yogyakarta,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2009.

Nada, “Konsep Dasar Data Mining,” http://lbi.si.fti.unand.ac.id, 2018. .

Ristianingrum and Sulastri, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.

S. B. A. Saputra, R. Dwiana, W. D. N. Oktaviani, R. D. Isnaeni’, T. Astuti, and Nurfaizah, “Implementasi Data Mining Algoritme Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Motor Delta Motor,” Citisee, pp. 108–113, 2016.

D. K. Prabawanti, “Data Mining Prediksi Produksi Spanduk Menggunakan Algoritma Apriori,” Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018.

A. Salam and M. Sholik, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang dijual di E-commerce OrderMas,” Techno.Com, vol. 17, no. 2, pp. 158–170, 2018.

A. -, F. Marisa, and D. Purnomo, “Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2016.

Gakindo.or.id, “GAKINDO Production Data,” 2018.

M. Fauzy, R. K. W Saleh, and I. Asror, “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Simulasi Prediksi Hujan Wilayah Kota Bandung,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 2, No.2, no. 2, pp. 221–227, 2016.

M. Hayaty and W. Dwi, “Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Berbasis Website ( Studi Kasus : Pt . Xyz ),” vol. 3, no. 1, pp. 136–142, 2019.

D. K. Pane, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Kreditplus ),” Pelita Inform. Budi Darma, vol. valume : I, pp. 25–29, 2013.




DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v9i1.41151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License