AbsenLoc: Aplikasi Absensi Mobile Berbasis Lokasi

Jemy Agung Pribadi, Nina Setiyawati

Abstract


Pada beberapa perusahaan, banyak acara diselenggarakan dan karyawan wajib untuk menghadirinya. Akan tetapi absensi manual ataupun menggunakan alat pembaca fingerprint dirasa tidak efisien dikarenakan akan menghabiskan banyak waktu untuk mengantre. Untuk mengatasi hal tersebut pada penelitian ini dilakukan pembangunan aplikasi AbsenLoc yang diharapkan dapat melakukan absensi secara efektif dan efisien. Pembangunan AbsenLoc dilakukan menggunakan Android Studio dengan bahasa pemprograman Java dan Firestore sebagai database. Adapun alur pembangunan dilakukan berdasarkan pada metode Research and Development. AbsenLoc menggunakan layanan Location Based Service untuk memvalidasi kehadiran dalam suatu acara, di mana Location Based Service merupakan layanan yang digunakan untuk mengetahui posisi dari pengguna yang kemudian menggunakan informasi tersebut untuk meyediakan jasa dan aplikasi yang personal. Validasi AbsenLoc dilakukan dalam dua tahap. Pertama, dengan mencocokan lokasi peserta dengan lokasi acara yang telah ditentukan penyelenggara. Kedua, dengan mencocokan lokasi dari swafoto memanfaatkan kamera pada smartphone. Pengujian AbsenLoc dilakukan dengan dua metode yaitu Blackbox testing dan uji pengguna. Berdasarkan Blackbox testing didapatkan bahwa fungsi, masukan dan keluaran dari aplikasi AbsenLoc sudah sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, sedangkan berdasarkan pengujian terhadap pengguna, didapatkan bahwa aplikasi AbsenLoc dapat memberikan proses validasi absensi yang efektif, mengurangi waktu antrean dan membantu perusahaan dalam mengelola pengarsipan absensi.


Keywords


Absensi; Mobile; Location Based Service; Metode Research and Development; Blackbox Testing

Full Text:

PDF

References


E. Devie and E. Winarno, “Aplikasi Location Based Service untuk Informasi Kuliner di Yogyakarta,” Dinamik, vol. 23, no. 1, pp. 15–21, 2018.

E. Budiman, “Pemanfaatan Teknologi Location Based Service dalam Pengembangan Aplikasi Profil Kampus Universitas Mulawarman Berbasis Mobile,” J. Ilm. Ilk., vol. 8, no. 3, pp. 137–144, 2016.

Safaat Nazruddin, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung, 2012.

StatCounter, “Mobile Operating System Market Share Worldwide,” 2020. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/worldwide (accessed Jun. 04, 2020).

H. Huang and G. Gartner, “Current Trends and Challenges in Location-Based Services,” Int. J. Geo-Information, vol. 7, no. 6, p. 199, 2018.

I. Al Fikri, D. Herumurti, and R. R. H, “Aplikasi Navigasi Berbasis Perangkat Bergerak dengan Menggunakan Platform Wikitude untuk Studi Kasus Lingkungan ITS,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 1, 2016.

Google LLC, “Cloud Firestore,” Firebase, 2019. https://firebase.google.com/docs/firestore/?hl=es-419.

M. Faya and N. Fiftin, “PEMANFAATAN GOOGLE MAPS API UNTUK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BANTUAN LOGISTIK PASCA BENCANA ALAM BERBASIS MOBILE WEB ( Studi Kasus : Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta ),” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 162–171, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung, 2013.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, 2018.

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, pp. 77–86, 2018.

A. A. Imam, S. Basri, R. Ahmad, J. Watada, T. M. Gonzlez-Aparicio, and A. M. Almomani, “Data Modeling Guidelines for NoSQL Document-Store Databases,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 9, no. 10, pp. 544–554, 2018.

D. Kriestanto and B. A. Arnado, “Implementasi Website Pencarian Kos dengan NOSQL,” J. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 2, pp. 103–107, 2017.

C. Wahyu Nur, Yulianingsih, and S. M. Sri, “Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” J. String, vol. 3, no. 2, pp. 206–210, 2018.

H. Retnawati, “Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert dan Pilihan Ganda untuk Mengukur Self-Regulated Learning,” J. Kependidikan, vol. 45, no. 2, pp. 156–167, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v9i1.41103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License