Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan

Rohmat Indra Borman, Adhie Thyo Priandika, Arif Rahman Edison

Abstract


Sektor peternakan merupakan motor penggerak pembangunan khususnya di wilayah pedesaan. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh peternak di Indonesia terutama pada peternak skala ekonomi kecil adalah permodalan yang terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan cara untuk mendapatkan modal. Pada penelitian ini akan dikembangkan aplikasi investasi peternakan online dengan menerapkan metode pengembangan sistem extreme programming (XP) yang mempermudah peternak menemukan investor dan mempermudah investor dalam mencari tempat investasi khususnya dibidang peternakan. Metode extreme programming (XP) menawarkan tahapan dalam waktu relatif singkat sesuai dengan fokus yang akan dicapai pengembang. Berdasarkan pengujian usability, aplikasi investasi peternakan menunjukan nilai rata-rata 88% dalam kategori baik, sehingga aplikasi layak untuk digunakan.


Keywords


Aplikasi; Extreme Programming; Investasi; Peternakan

Full Text:

PDF

References


G. Hartomo, “Peternakan Jadi Kunci Penting Perekonomian Indonesia, Ini Penjelasannya,” Economy.Okezone.Com, 2018. [Online]. Available: https://economy.okezone.com/read/2018/07/04/320/1917701/peternakan-jadi-kunci-penting-perekonomian-indonesia-ini-penjelasannya.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, “Konsumsi Periode Tahun 2016,” Sekretariat dirjen PKH, 2017. [Online]. Available: https://ditjenpkh.pertanian.go.id/userfiles/File/Konsumsi1_Periode_2016.pdf?time=1501058657531.

Z. Zakiah, A. Saleh, and K. Matindas, “Gaya Kepemimpinan dan Perilaku Komunikasi GPPT dengan Kapasitas Kelembagaan Sekolah Peternakan Rakyat di Kabupaten Muara Enim,” J. Penyul., vol. 13, no. 2, pp. 133–142, 2017.

Mudjiyono, “Pengertian Investasi,” J. STIE Semarang, vol. 4, no. 2, pp. 1–18, 2012.

M. Sari, M. N. Syechalad, and A. S. Majid, “Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia,” J. Ekon. dan Kebijak. Publik Indones., vol. 3, no. 2, pp. 109–115, 2016.

E. Pardiansyah, “Investasi dalam Perspektif Ekonomi Islam: Pendekatan Teoritis dan Empiris,” Econ. J. Ekon. Islam, vol. 8, no. 2, p. 337, 2017.

A. Fatoni and D. Dwi, “Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem,” Prosisko, vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2016.

K. C. Dewi, P. I. Ciptayani, and I. W. R. Wijaya, “Agile Project Management Pada Pengembangan E-Musrenbang Kelurahan Benoa Bali Agile Project Management On E-Musrenbang Development In Benoa Village Bali,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 6, pp. 723–730, 2018.

I. Mahendra and D. T. E. Yanto, “Agile Development Methods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web (Studi Kasus : Bank Bri Unit Kolonel Sugiono),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 1, no. 2, pp. 13–24, 2018.

I. Carolina and A. Supriyatna, “Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota SKS Mengajar Dosen,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 3, no. 1, pp. 106–113, 2019.

L. Rusdiana, “Extreme Programming untuk rancang bangun aplikasi pengelolaan surat keterangan kependudukan,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, p. 49, 2018.

E. B. Pratama, “Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi e-Commerce Berbasis M-Commerce Studi Kasus: Toko Buku An’Nur di Pontianak,” J. Khatulistiwa Inform., vol. V, no. 2, pp. 92–102, 2017.

T. Gumelar, R. Astuti, and A. T. Sunarni, “Sistem Penjualan Online Dengan Metode Extreme Programming,” J. Telemat., vol. 9, no. 2, pp. 87–90, 2017.

F. Sulianta, Strategi Merancang Arsitektur Sistem Informasi Masa Kini. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2019.

I. G. N. Suryantara, “Merancang Applikasi dengan Metodologi Extreme Programming.” PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2017.

M. Melinda, R. I. Borman, and E. R. Susanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Publik Berbasis Web (Studi Kasus : Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran),” J. Tekno Kompak, vol. 11, no. 1, p. 1, 2018.

A. E. Kumala, R. I. Borman, and P. Prasetyawan, “Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Sapi Di Lokasi Uji Performance (Studi Kasus : Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung),” J. Tekno Kompak, vol. 12, no. 1, p. 5, 2018.

M. I. Farouqi, I. Aknuranda, and A. D. Herlambang, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi UBER Menggunakan Pengujian Usability,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, pp. 2599–2606, 2018.

T. Monica and R. I. Borman, “Implementasi Konsep Media Sosial Dalam Sistem Informasi Kegiatan Kesiswaan (Studi Kasus : SMK XYZ),” J. Tekno Kompak, vol. 11, no. 2, p. 33, 2017.

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, pp. 77–86, 2018.

R. I. Borman and H. Fauzi, “Penerapan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Siswa Berprestasi Pada SMK XYZ,” CESS J. Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 17–22, 2018.

Y. D. Nurseha and L. N. Pradany, “Survei Aplikasi E-learning untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar pada Institusi Pendidikan Menggunakan Standar Kualitas ISO/IEC 9126,” J. Ultim. InfoSys, vol. 5, no. 2, pp. 106–111, 2014.

P. Botella et al., “ISO/IEC 9126 in practice: what do we need to know?,” Softw. Meas. Eur. Forum 2004, pp. 297–306, 2004.

M. Morissan, Metode Penelitian Survei. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri, 2012.

M. H. Sayogo, “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Proses Pembelajaran Standar Kompetensi Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi Di Kelas X Smk Negeri Kudu Jombang,” J. Pendidik. Tek. Mesin UNESA, vol. 5, no. 02, pp. 84–90, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i3.40273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License