Sistem Informasi Geografis Persebaran Penyakit Rabies di Kabupaten Sintang Menggunakan Metode Small Area Estimation

Dawami Al Nazhari, M Azhar Irwansyah, Haried Novriando

Abstract


Rabies adalah penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. GIS dapat membantu mendefinisikan zona-zona dalam bentuk satuan pemetaan, memodelkan pola dan arah gerakan atau penyebaran suatu penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah Sistem Informasi Geografis yang dapat memberikan informasi persebaran penyakit rabies berdasarkan desa yang ada di Kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan metode pendugaan yaitu Small Area Estimation dan menggunakan pendekatan Empirical Bayes. Hal yang harus dilakukan pertama dalam pendekatan Empirical Bayes adalah menentukan indikator parameter, hewan penyebar rabies (X1), hewan penyebar tervaksin (X2), dan jumlah kasus gigitan hewan penyebar rabies (X3). Kemudian dicari korelasi antar indikator dan dilakukan perhitungan nilai dugaan untuk mencari nilai MSE sebaran penyakit rabies perdesa. Metode ini dinilai sesuai dalam memetakan persebaran penyakit rabies agar dapat mempermudah masyakat dalam mencari informasi mengenai sebaran penyakit rabies. Hasil dari sistem ini adalah sebaran penyakit rabies yang ada di Kabupaten Sintang ditampilkan sebagai peta dalam sistem informasi geografis. Berdasarkan sistem analisis didapatkan sebaran dalam status paling tinggi dan bahaya ada pada 3 desa Senangan Kecil, Tanjung Puri, dan Kapuas Kanan Hulu dengan nilai MSE 0,040481928 di mana semakin besar nilai MSE dari 0 maka semakin besar potensi terjadinya rabies pada suatu desa. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pengujian sistem menggunakan black box menunjukan sistem berjalan sesuai dengan yang di harapkan dan dari hasil kuesioner dengan 15 responden memiliki persentase dengan rata-rata 88% berdasarkan skala likert menunjukan bahwa sistem berada dalam kategori baik.


Keywords


Kabupaten Sintang; Sistem Informasi Geografis; Small Area Estimation; Empirical Bayes; Indikator; Hewan Penyebar Rabies

Full Text:

PDF

References


J. N. K. Rao, Small Area Estimation, New York: John Wiley and Sons, 2003.

R. R. Putri, “Perancangan Sistem Pemanfaatan Lahan untuk Perkebunan dengan Metode Small Area Estimation (SAE),” JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) , 2014.

R. Machmud, “Peranan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektivitas Kerja Pagawai Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapastika) Bollangi Kabupaten Gowa,” Jurnal Capacity STIE AMKOP Makasar, vol. IX, no. 2, pp. 409-421, 2013.

E. Sutanta, Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Sutarbi, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi, 2004.

E. Budiyanto, Sistem Informasi Georafis Menggunakan ArcView GIS, Yogyakarta: Andi, 2002.

A. Kurnia, “Prediksi Terbaik Empirik Untuk Model Tranformasi Logaritma Di Dalam Pendugaan Area Kecil Dengan Penerapan Pada Data Susenas,” Disertasi. Pascasarjana, IPB, Bogor, 2009.

R. Fay and R. Herriot, “Estimates Income for Small Places: An Application of James-Stein Procedures to Census Data. Journal of American Statistical Association,” Journal of American Statistical Association, pp. 269-277, Herriot, R.A..

H. Usman and Purnomo, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Jayan, CSS Untuk Orang Awam, Palembang: Maxikom, 2010.

Anhar, Panduan menguasai PHP & MySQL secara otodidak, Jakarta: Mediakita, 2010.

W. Komputer, Belajar Javascript Menggunakan JQuery, Andi Publisher, 2012.

Arbie, Manajemen Database Dengan MySQL, Yogyakarta: Andi, 2004.

B. Hariyanto, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, Yogyakarta: Andi, 2004.

Indrajani, Perancangan Basis Data dalam All in 1, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2011.

H. Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi, 2005.

A. Kadir, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Yogyakarta: Andi, 2008.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu), Yogyakarta: Andi, 2010.

J. Heizer and B. Render, Manajemen Operasi, Jakarta: Salemba, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v9i1.40212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License