Tanggapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online
Abstract
Berbagai jenis aplikasi e-learning semakin banyak berkembang saat ini dan yang paling menonjol saat ini adalah Google Classroom. Google Classroom merupakan salah satu platform terbaik untuk meningkatkan alur kerja dosen. Google Classroom kemudian diimplementasikan pada mata kuliah Metode Penelitian Penulisan laporan untuk memfasilitasi dosen dalam memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan presentase. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa program D3 Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Informatika Nasional Makassar angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Metode Penelitian Penulisan Laporan. Mahasiswa menunjukkan tanggapan yang baik terhadap pemanfaatan Google Classroom dalam proses belajar mengajar pada mata kuliah Metode Penelitian Penulisan Laporan dengan tingkat persentase sebesar 79% yang termasuk ke dalam kategori sangat positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
F. T. S. Butarbutar and Y. Haryanto, “Kajian Signifikansi Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan e-Learning Pada Siswa SMK Global Informatika Tangerang,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 9–18, Jul. 2017, doi: 10.29207/resti.v1i1.13.
A. Wijaya, “Analysis of Factors Affecting the Use of Google Classroom to Support Lectures,” The 5th International Conference on Information Technology and Engineering Application (ICIBA2016), Feb. 2016, Accessed: Dec. 27, 2019. [Online]. Available: http://eprints.binadarma.ac.id/2777/.
S. Bhat, R. Raju, A. Bikramjit, and R. D’Souza, “Leveraging E-Learning through Google Classroom: A Usability Study,” Journal of Engineering Education Transformations, vol. 31, no. 3, pp. 129-135–135, Jan. 2018, doi: 10.16920/jeet/2018/v31i3/120781.
I. N. M. Shaharanee, J. M. Jamil, and S. S. M. Rodzi, “The Application of Google Classroom as a Tool for Teaching and Learning,” Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering (JTEC), vol. 8, no. 10, pp. 5-8–8, Dec. 2016.
I. N. M. Shaharanee, J. M. Jamil, and S. S. M. Rodzi, “Google classroom as a tool for active learning,” AIP Conference Proceedings, vol. 1761, no. 1, p. 020069, Aug. 2016, doi: 10.1063/1.4960909.
S. Iftakhar, “Google classroom: what works and how?,” Journal of Education and Social Sciences, vol. 3, no. 1, pp. 12–18, Feb. 2016.
R. Ramadhani?, R. Umam, A. Abdurrahman, and M. Syazali?, “The Effect of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated With LMS-Google Classroom for Senior High School Students,” Journal for the Education of Gifted Young Scientists, vol. 7, no. 2, Art. no. 2, Jun. 2019, doi: 10.17478/jegys.548350.
K. A. Azhar and N. Iqbal, “Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions,” LV, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Aug. 2018.
I. K. Sudarsana, I. B. M. A. Putra, I. N. T. Astawa, and I. W. L. Yogantara, “The use of Google classroom in the learning process,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1175, p. 012165, Mar. 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1175/1/012165.
R. A. S. Al-Maroof and M. Al-Emran, “Students Acceptance of Google Classroom: An Exploratory Study using PLS-SEM Approach,” International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), vol. 13, no. 06, Art. no. 06, May 2018.
R. Utami, “Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika,” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 2, pp. 498–502, Feb. 2019.
P. Jakkaew and S. Hemrungrote, “The use of UTAUT2 model for understanding student perceptions using Google Classroom: A case study of Introduction to Information Technology course,” 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), pp. 205–209, 2017, doi: 10.1109/ICDAMT.2017.7904962.
S. Hemrungrote, P. Jakkaew, and S. Assawaboonmee, “Deployment of Google Classroom to enhance SDL cognitive skills: A case study of introduction to information technology course,” in 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), Chiang Mai, Thailand, 2017, pp. 200–204, doi: 10.1109/ICDAMT.2017.7904961.
M. Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media, 2016.
F. I. Gunawan and S. G. Sunarman, “PENGEMBANGAN KELAS VIRTUAL DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TOPIK VEKTOR PADA SISWA SMK UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, vol. 0, no. 0, Feb. 2018, Accessed: Dec. 27, 2019. [Online]. Available: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2334.
Iskani, “PENGUKURAN SKALA GUTTMAN SECARA TRADISIONAL (CROSS SECTIONAL),” e-Journal Politeknik Tegal, Accessed: Mar. 06, 2020. [Online]. Available: http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/downloadSuppFile/832/345.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2013.
T. A. Aslamiyah, P. Setyosari, and H. Praherdhiono, “BLENDED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN,” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 109–114, Jun. 2019, doi: 10.17977/um038v2i22019p109.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i3.40007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
View My Stats
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License