Aplikasi Peringatan Rambu Lalu Lintas dengan Metode Location Based Service Berbasis Mobile

Risnu Arya Kusuma, Yus Sholva, Rudy Dwi Nyoto

Abstract


Rambu lalu lintas adalah bagian dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, dan berfungsi untuk menginformasikan peraturan dan perintah yang ada dalam jalan tersebut. Dalam penerapannya, banyak sekali pengendara yang melanggar rambu yang dikarenakan ketidak-tahuan terhadap rambu tersebut. Faktor yang menyebabkan ketidaktahuan pengendara terhadap rambu diantaranya adalah rambu tidak terlihat oleh pengendara yang dikarenakan posisi rambu yang tidak terjangkau pandangan dan kondisi plang rambu yang kurang baik serta ketidaktahuan pengendara terhadap arti dari rambu tersebut. Dengan permasalahan tersebut, diperlukan aplikasi yang dapat memberi tahu pengendara mengenai informasi rambu yang berada disekitarnya ketika sedang berkendara. Aplikasi ini memberikan peringatan rambu lalu lintas dengan metode location based service untuk menyesuaikan data rambu dengan lokasi pengendara, yang disampaikan dalam bentuk tampilan dan suara agar tidak menganggu pengendara dalam mengemudikan kendaraan serta penilaian perilaku pengendara terhadap rambu yang dilanggar. Penilaian perilaku terhadap rambu yang berlaku dapat mendorong pengendara agar lebih mematuhi rambu. Hasil dari penelitian ini menghasilkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai pemandu rambu ketika sedang berkendara. Pengujian sistem mendapatkan hasil cukup baik pada pengujian menggunakan metode pengujian BlackBox dengan memiliki beberapa batasan tertentu. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan pengendara dapat mematuhi rambu lalu lintas dan meminimalisir adanya pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas.


Keywords


Rambu Lalu Lintas; Deteksi; Peringatan; Penilaian; Location Based Service; Aplikasi Mobile

Full Text:

PDF

References


D. Handayani, R. O. Ophelia dan W. Hartono, “Pengaruh Pelanggaran Lalu Lintas Terhadap Potensi Kecelakaan Pada Remaja Pengendara Sepeda Motor,” e-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL, pp. 838-843, 2017.

R. O. Sasambe, “Kajian Terhadap Penyelesaian Pelanggaran Peraturan Lalu Lintas Oleh Kepolisian,” Lex Crimen, vol. V, pp. 82-90, 2016.

S. Sadono, “Budaya Tertib Berlalu-Lintas “Kajian Fenomenologis Atas Masyarakat Pengendara Sepeda Motor Di Kota Bandung”,” Channel, vol. 4, pp. 61-79, 2016.

Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 13 Tentang Rambu Lalu Lintas,” pp. 1-161, 2014.

K. T. Martono, “Rancang Bangun Media Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Dengan Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality,” Jurnal Teknologi Informasi-Aiti, vol. 14, pp. 49-58, 2016.

C. Supriatna dan Sutono, “Media Sosialisasi Rambu-Rambu Lalulintas Dengan Metode Augmented Reality Berbasis Android,” Media Jurnal Informatika, vol. 8, pp. 9-17, 2016.

K. K. Rafiah, R. Magdalena dan N. Andini, “Deteksi Rambu-Rambu Lalu Lintas Untuk Membantu Pengguna Jalan Raya Dengan Algoritma Camshift,” e-Proceeding of Engineering, vol. 2, pp. 429-435, 2015.

M. J. Budiman, S. Walukow dan I. Patolenganeng, “Pengembangan Sistem Pemberi Isyarat Jenis Rambu Lalu Lintas Bagi Pengguna kendaraan Bermotor Berbasis GPS,” Industrial Research Workshop and National Seminar Politeknik Negeri Bandung, pp. 396-400, 2017.

S. H. Nazruddin, Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform, Bandung: Informatika, 2015.

S. Alfeno dan R. E. C. Devi, “Implementasi Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LBS) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek,” JURNAL SISFOTEK GLOBAL, vol. 7, pp. 27-33, 2017.

N. Rachmat, A. Muhajirin dan Mukhsin, “Tracking Kendaraan Mobil Dengan Pemanfaatan GPS Berbasis Android,” Jurnal Kajian Ilmiah UBJ, vol. 15, pp. 103-120, 2015.

M. R. Fahlivi dan Atthariq, “Sistem Tracking Position Berdasarkan Titik Koordinat GPS Menggunakan Smartphone,” Jurnal Infomedia, vol. 2, pp. 25-29, 2017.

Kholil, “Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) Dalam Aplikasi Pelaporan dan Pelacakan Kejahatan Berbasis Android,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 6, pp. 51-58, 2017.

C. A. Pamungkas, “Aplikasi Penghitung Jarak Koordinat Berdasarkan Latitude dan Longitude Dengan Metode Euclidean Distance dan Metode Haversine,” Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, vol. 5, pp. 8-13, 2019.

M. A. F. C. Firdous, “Sistem Pencarian Jarak Terdekat Menggunakan Metode Haversine Berbasis Android,” Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, pp. 1-8, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i3.39255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License