Implementasi Naive Bayes Classifier pada Opinion Mining Berdasarkan Tweets Masyarakat Terkait Kinerja Presiden dalam Aspek Ekonomi

Sri Juniarsih, Eva Faja Ripanti, Enda Esyudha Pratama

Abstract


Media sosial salah satunya Twitter dimanfaatkan sebagai sarana untuk lebih dekat dengan masyarakat. Hal tersebut dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang apa yang masyarakat inginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan mesin yang mampu mengklasifikasikan tweets masyarakat terkait kinerja presiden dalam aspek ekonomi ke dalam kelas positif dan negatif. Aspek utama (ekonomi) diturunkan menjadi parameter ekonomi Indonesia, lapangan pekerjaan dan rupiah. Text preprocessing yang digunakan yaitu cleaning, case folding, normalisasi, filtering, dan stemming. Penelitian ini menerapkan teknik scraping sebagai teknik pengumpulan data tweets, TF-IDF sebagai metode pembobotan kata, Naive Bayes Classifier sebagai algoritma pengklasifikasian, serta Confusion Matrix sebagai metode pengujian. Training data terdiri dari training data A yang berjumlah 600 dokumen dari data tweets, dan training data B yang berjumlah 158 dokumen yang disusun berdasarkan pola parameter + kata independen. Klasifikasi yang dilakukan oleh opinion mining machine secara keseluruhan (gabungan semua parameter) dapat dinyatakan sebagai Good Classification. Berdasarkan pengujian Skenario 1 (klasifikasi menggunakan training data A), mesin mampu mengklasifikasikan 540 testing data (gabungan semua parameter) dengan akurasi sebesar 87.96% dan running time 13 menit 18 detik. Berdasarkan pengujian Skenario 2 (klasifikasi menggunakan training data B), mesin mampu mengklasifikasikan testing data yang sama (gabungan semua parameter), dengan akurasi sebesar 88,70% dan running time 6 menit 34 detik. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, maka dapat diketahui performa mesin lebih unggul ketika menggunakan training data B. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pola yang digunakan dalam penyusunan training data B dinyatakan berhasil dan cocok untuk penelitian ini. Kemudian berdasarkan hasil analisis pengujian yang menunjukkan persentase prediksi opini positif lebih tinggi, maka dapat disimpulkan tweets masyarakat terhadap kinerja presiden dalam aspek ekonomi didominasi oleh opini positif.


Keywords


Naive Bayes Classifier; Opinion Mining; Tweets Masyarakat; Kinerja Presiden; Aspek Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Kumparan, "Kumparan," PT Dynamo Media Network, 20 Mei 2018. [Online]. Available: https://kumparan.com/kumparannews/indo-barometer-perekonomian-jadi-masalah-utama-setelah-reformasi. [Accessed 30 Agustus 2019].

N. Schoonderwoerd, "PeerReach," PeerReach, November 2013. [Online]. Available: http://blog.peerreach.com/2013/11/4-ways-how-twitter-can-keep-growing/. [Accessed 26 Juni 2019].

P. Aliandu, "Twitter Used by Indonesian President: An Sentiment Analysis," Information Systems International Conference (ISICO), pp. 713-717, 2013.

G. A. Buntoro, "Analisis Sentimen Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 di Twitter," INTEGER: Journal of Information Technology, vol. 2, no. 1, pp. 32-41, 2017.

S. Budi, "Text Mining untuk Analisis Sentimen Review Film Menggunakan Algoritma K-Means," Techno.COM, vol. 16, no. 1, pp. 1-8, 2017.

I. Adiwijaya, "Text Mining dan Knowledge Discovery," Kolokium Bersama Komunitas Data Mining Indonesia & Soft-Computing Indonesia, pp. 1-9, 2006.

E. E. Pratama, "Otomatisasi Proses Penemuan Informasi Berdasarkan Kuesioner Pelaksanaan UTBK di Universitas Tanjungpura Menggunakan Metode Text Mining," in Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pontianak, 2019.

N. Marres, Goldsmiths and E. Weltevrede, "Scraping the Social? Issues in Real-Time Social Research," Journal of Cultural Economy, pp. 313-335, 2013.

M. A. Fauzi, "Docplayer," 2017. [Online]. Available: https://docplayer.info/43185367-Text-pre-processing-m-ali-fauzi.html. [Accessed 26 Agustus 2019].

S. B. Kotsiantis, D. Kanellopoulos and P. E. Pintelas, "Data Preprocessing for Supervised Learning," International Journal of Computer Science, vol. 1, no. 2, pp. 111-117, 2006.

L. Valatehan, M. Fachrurrozi and d. O. Arsalan, "Identifikasi Kalimat Pemborosan Menggunakan Rule Based," Annual Research Seminar, vol. 2, no. 1, 2016.

K. Dave, S. Lawrence and D. M. Pennock, "Minning the Peanut Gallery: Opinion Extraction and Semantic Classification of Product Reviews," Proceedings of International World Wide Web Conference, pp. 519-528, 2003.

B. Liu, Sentiment Analysis : Mining Opinions, Sentiments, and Emotions, chicago: Cambridge University Press, 2015.

A. Riyanto, "Text Summarization dengan Metode K-Means Pada Artikel Berita Berbahasa Indonesia," Digital Library UNIKOM, Bandung, 2016.

S. N. J. Fitriyyah, N. Safriadi, and E. E. Pratama, "Analisis Sentimen Calon Presiden Indonesia 2019 dari Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes," JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), vol. 5, no. 3, pp. 279-285, 2019.

R. Feldman and J. Sanger, The Text Mining Handbook:Advanced Approaches to Analyzing Unstructured Data, Cambridge, England: Cambridge University Press, 2007.

C. D. Manning, P. Raghavan and H. Schütze, Introduction to Information Retrieval, Cambridge: Cambridge University Press, 2008.

G. Berliana, Shaufiah, S. Sa’adah, "Klasifikasi Posting Tweet mengenai Kebijakan Pemerintah Menggunakan Naive Bayesian Classification," E-Proceeding of Engineering, vol. 5, no. 1, pp. 1562-1569, 2018.

F. Gorunescu, Data Mining Concept Model Technique, Berlin: Springer-Verlag Berlin Heidelberg, 2011.

J. Han, M. Kamber and J. Pei, Data Mining: Concepts and Techniques: Concepts and Techniques Third Edition, Waltham: Elsevier, 2012.

D. Kuhlman, A Python Book : Beginning Python, Advanced Python, and, United States: Platypus Global Media, 2013.

A. Hanafi, "Media Sosial Sebagai Penunjang Proses Perkuliahan," Jurnal Teknomatika, vol. 4, no. 1, pp. 31-44, 2011.

J. L. Gibson, J. M. Ivancevich and J. H. Donnelly, Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Edisi keempat, Jakarta: Erlangga, 1994.

B. Prishardoyo, A. Trimarwanto and Shodiqin, Pelajaran Ekonomi SMP Kelas 2, Jakarta: PT Grasindo, 2005.

B. Gunawan, H. S. Pratiwi, E. E. Pratama, "Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 113-118, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i3.39118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License