Sistem Informasi Objek Wisata dengan Algoritma Djisktra untuk Rute Terdekat dan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk Rekomendasi. (Studi Kasus Kabupaten Bengkayang)

Sandra Permata Gea Setiawan, Herry Sujaini, M. Azhar Irwansyah

Abstract


Pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan orang untuk sementara waktu dengan tujuan menikmati kegiatan pertamasyaan dan rekreasi atau memenuhi keinginan yang beraneka ragam.Kabupaten Bengkayangadalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Sebelumnya merupakan pemekaran dari Kabupaten Sambas yang karena adanya Undang-undang Otonomi Daerah dimekarkan menjadi 3 daerah otonom yang terpisah, yaitu Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang. Terletak di bagian utara Kalimantan Barat, Kabupaten Bengkayang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia. Bengkayang memiliki sektor pariwisata memegang peranan penting dalam perekonomian daerah ini. Pemerintah Kabupaten Bengkayang memiliki masalah dan kesulitan dalam menyampaikan informasi yang berkaitan tentang pariwisata yang ada di kabupaten Bengkayang, karena tidak adanya media informasi yang dapat dengan mudah di akses oleh publik. Pemerintah Kabupaten Bengkayang selama ini kesulitan dalam memberikan informasi jalur terdekat menuju tempat wisata dan rekomendasi wisata yang ada. Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Algoritma Dijkstra digunakan dalam sistem  untuk menampilkan rute jalur terdekat dan rekomendasi objek wisata. Dengan sistem informasi objek wisata yang memanfaatkan dua metode tersebut, Pemerintah Kabupaten Bengkayang dapat membantu wisatawan untuk mendapatkan informasi mengenai objek wisata di Kabupaten Bengkayang. Hasil dari penelitian ini sistem informasi objek wisata ini dapat memberikan informasi rekomendasi dan jalur wisata yang ada di kabupaten Bengkayang.


Keywords


Pariwisata; Bengkayang; Analitycal Hierarchy Process; Algoritma Dijkstra; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


A. Gusmão, S. H. Pramono, and S. Sunaryo, “Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan P Algoritma Dijkstra,” J. EECCIS, vol. 7, no. 2, pp. 125–130, 2013.

S. S. Saputro, “Perancangan Aplikasi GIS Pencarian Rute Terpendek Peta Wisata di Kota Manado Berbasis Mobile WEB dengan Algoritma Dijkstra,” Tek. Inform. Univ. Dian Nuswantoro, Semarang, 2013.

M. I. Kamil, H. Anra, and H. Sastypratiwi, “Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Rute Terpendek Lokasi Wisata Kuliner Kota Pontianak Berbasis Mobile,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 191–196.

D. Prayogi, “Pengembangan Potensi Wisata Kuliner Kota Malang Berbasis Sumber Daya Lokal,” J. Pariwisata Pesona, vol. 2, no. 1, p. 13, 2017.

H. Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi Yogyakarta: Andi Offset. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

S. Azhar, “Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pengembangannya,” Ed. ketiga,(Bandung Lingga Jaya, 2004), 2004.

A. Amborowati, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan dengan Metode AHP Menggunakan Expert Choice,” J. DASI, vol. 9, no. 1, 2008.

L. J. E. Dewi, “Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Bali Dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra,” J. Fak. Huk. UII, 2010.

N. A. Y. Ramadhani, “Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Tegal,” Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 3, no. 3, 2012.

I. H. Kristanto, Konsep & Perancangan Database. Yogyakarta: Penerbit Andi, 1994.

F. Mahdia and F. Noviyanto, “Pemanfaatan Google Maps API untuk pembangunan sistem informasi manajemen bantuan logistik pasca bencana alam berbasis mobile web (studi kasus: badan penanggulangan bencana daerah Kota Yogyakarta),” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 162–171, 2013.

D. E. Hendrianto, “Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan,” IJNS-Indonesian J. Netw. Secur., vol. 4, no. 3, 2013.

B. L. Nuryanti, “Model Pembelajaran E-Learning Melalui Homepage Sebagai Media Pembelajaran Sehingga Diharapkan Dapat Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Siswa,” J. ABMAS (Media Komun. dan Inf. Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 9, pp. 1–7, 2009.

E. Arbie, Pengantar Sistem Informasi Manajemen, vol. 1. Jakarta: Bina Alumni Indonesia, 2000.

H. Supriyono, R. F. Rahmadzani, M. Adhantoro, and A. K. Susilo, “Rancang bangun media pembelajaran dan game edukatif pengenalan aksara jawa ‘pandawa,’” 2016.

H. Ekasaputra, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Jaringan Pipa Air Berbasis MAPBOX GL JS (Studi Kasus: Dinas Pekerjaan Uumum dan Penataan Ruang Provinsi Riau),” 2018.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Penerbit Andi, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i2.36804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License