Sistem Informasi Pelatihan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri (UPT LKI) Provinsi Kalimantan Barat

Arief Ramadhayansyah Yusmita, Hengky Anra, Haried Novriando

Abstract


Kompetensi adalah modal utama bagi calon tenaga kerja baik itu untuk mandiri maupun untuk bekerja dengan orang lain. Untuk meningkatkan kualitas kompetensi sumber daya manusia harus melalui suatu proses pendidikan dan pelatihan di bidangnya masing-masing.  UPT LKI atau “Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri” Provinsi Kalimantan Barat  merupakan pusat pelatihan vokasi yang menyelenggarakan pelatihan dan uji keterampilan tenaga kerja dalam berbagai bidang keterampilan kerja industri. Permasalahan utama yang dihadapi oleh UPT LKI adalah sistem pendaftaran dan informasi yang mengharuskan calon siswa untuk datang langsung ke lokasi. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat menampung pendaftaran dan informasi yang dapat diakses oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem penerimaan siswa yang dapat membantu para pelamar dalam proses pendaftaran dan penerimaan informasi terkait. Penelitian ini menggunakan metode waterfall untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi. Adapun pengujian yang digunakan adalah user acceptance test (UAT) dan blackbox. Hasil pengujian blackbox menunjukan bahwa fungsi fitur yang ada dalam aplikasi sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan pengujian UAT, aplikasi ini mendapatkan rata rata persentasi 82,85% dan masuk dalam kategori sangat baik.  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, aplikasi yang telah dibangun dapat dimanfaatkan dan diterapkan pada UPT LKI.


Keywords


UPT LKI; Sistem Informasi; Blackbox; UAT

Full Text:

PDF

References


A. Wibowo and B. Susanto, “Pengembangan Sistem Informasi Website KPU Daerah Istimewa Yogyakarta,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf, vol. 2, p. 231–243, 2016.

J. A. O'Brien and G. M. Marakas, Introduction to Information Sistem, New York: The Mc-Graw-Hill Companies, 2007.

L. Fernando, N. Safriadi and R. D. Nyoto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Konferensi Nasional Aptikom Provinsi Kalimantan Barat Berbasis Web,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 6, no. 3, pp. 111-115, 2018.

M. Z. Lestari and N. O. Syamsiah, “Sistem Informasi Piutang pada Unit Pengelolaan Keuangan Desa (UPKD) Model Desa Prima Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (Jepin), vol. 3, no. 2, pp. 142-151, 2017.

R. Susanto and A. D. Andriana, “PERBANDINGAN MODEL WATERFALL DAN PROTOTYPING UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI,” Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 14, no. 1, pp. 41-46, 2016.

I. Sommerville, Software Engineering 9th Edition, Addison-Wesley, 2011.

A. W. Prasetya and M. A. Z. S. Yaqin, “Common Process Extraction Pada Scalable Model Process Bisniss,” pp. 484-489, 2018.

M. A. Ramdhani, “Pemodelan Proses Bisnis Sistem Akademik Menggunakan Pendekatan Business Process Modelling Notation (Bpmn) (Studi Kasus Institusi Perguruan Tinggi Xyz),” Jurnal Informasi, pp. 83-93, 2015.

Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

B. Bunardi, D. S. Naga and D. Arisandi, “PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE PRODUK LOKAL DAN DATA KEPENDUDUKANPADA DESA GIRITENGAH, BOROBUDUR,” Computatio: Journal of Computer Scienceand Information Systems, vol. 3, no. 1, pp. 77-84, 2019.

R. Wahyuni and H. Irawan, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Terhadap Pelanggan Studi Pada Bengkel Yamaha Inti Mas Motor,” J u r n a l I D E A L I S, pp. 489-496, 2018.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus and H. Rahmadi, “PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS(Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 1, no. 3, pp. 31-36, 2015.

F. Melky, Rancang Bangun Aplikasi Virtual Reality Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Pontianak: Skripsi, 2015.

F. H. Y. Yudhanto, H. Nugroho and A. H. Suryadi, “Aplikasi Pengelolaan Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung,” e-Proceeding of Applied Science, vol. 4, no. 3, pp. 1621-1629, 2018.

Maryuliana, I. M. I. Subroto and S. F. C. Haviana, “Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert,” Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI), vol. 1, no. 2, pp. 1-12, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i2.36797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License