Animasi 3D Menjelajah Seluruh Area Untan Menggunakan Navigasi Car Controller

M Yunus Mandau, Herry Sujaini, Hafiz Muhardi

Abstract


Universitas Tanjungpura Pontianak memiliki gedung-gedung yang tersebar pada beberapa tempat dalam area kampus  yang cukup luas. Mahasiswa baru, pengunjung dan tamu sering merasa kesulitan mencari gedung-gedung di area kampus Universitas Tanjungpura. Untuk memudahkan pencarian gedung maka dibuatlah animasi 3d menjelajah area Universitas Tanjungpura beserta navigasi car controller di Android menggunakan aplikasi blender dan unity. Blender dan unity menjadi software utama dalam proses pembuatan aplikasi menjelajah area Universita Tanjungpura ini. Blender dan unity  merupakan software animasi 3D yang mempunyai kemampuan untuk membuat rancang bangun animasi serta menambahkan fungsi car controller secara interaktif. Penelitian ini menghasilkan gambaran area gedung Universitas Tanjungpura dalam tampilan animasi 3D. Aplikasi ini kompatibel dengan minimum versi Android 4.1 ‘jelly bean’ (api level 16). Aplikasi berjalan dengan lancar di Android yang memiliki kapasitas ram 3 gb. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji coba kuisioner aplikasi ini menghasilkan bobot nilai 44, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan dengan nilai “sangat baik”

Keywords


Universitas Tanjungpura; Blender; Unity; Navigasi Car Controller

Full Text:

PDF

References


R. Hess, The Essential Blender: Guide to 3D Creation with the Open Source Suite Blender. New York: No Starch Press, 2007.

R. Pangemanan, R. Sengkey, and O. A. Lantang, “Perancangan Animasi 3 Dimensi Alur Pengurusan Administrasi Pasien Umum dan Jaminan Dibagian Rehabilitasi Medik RSUP Prof. DR. RD Kandou Manado,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, 2016.

F. Nugroho, Membuat Animasi Kartu Ucapan dengan Flash 8. Jakarta: PT Elex Media Komputido, 2005.

G. G. Robertson, S. K. Card, and J. D. Mackinlay, “Information visualization using 3D interactive animation,” Commun. ACM, vol. 36, no. 4, pp. 56–72, 1993.

H. W. Pramana, Aplikasi Inventory Berbasis Access 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.

W. A. Aeni and M. Kom, “Antara Game, Pendidikan dan HP (Game Mobile Learning Sebagai Wacana Pendidikan),” Diambil dari http://medukasi. net/artikel-mobile-learning-isi. php, 2009. .

A. H. Sutopo, Multimedia interaktif dengan flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Y. U. L. H. Zuryana, “Visualisasi Tour Guide Universitas Almuslim Berbasis 3d,” J. TIKA, vol. 1, no. 2, 2016.

M. V. Rompas, A. Sinsuw, J. Robot, and X. Najoan, “Perancangan Gedung Fakultas Teknik Unsrat Dengan Perspektif Animasi 3D,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, 2013.

A. K. Pamoedji and R. S. Maryuni, Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

N. Nina Nuriana, “Pengenalan Hewan Menggunakan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran,” J. TIKA, vol. 1, no. 3, 2016.

F. Santoso, “Game Simulator Pengenalan Rambu-rambu Lalu Lintas Sebagai Media Pembelajaran Interaktif,” 2016.

Y. Caroline, V. Tulenan, and B. A. Sugiarso, “Rancang Bangun Film Animasi 3 Dimensi Universitas Sam Ratulangi,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, 2016.

D. Utami, “Animasi dalam pembelajaran,” Maj. Ilm. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, 2011.

F. T. Hofstetter, Multimedia literacy. New York: McGraw-Hill, Inc., 2001.

S. Hermawan, Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v9i1.36600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License