Rancang Bangun Sistem Informasi Pajak Papan Reklame Berbasis SIG (Studi Kasus Kota Pontianak)

Miftah Fauzan Irwan Laksana, M. Azhar Irwansyah, Enda Esyudha Pratama

Abstract


Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak dalam tugasnya masih menggunakan sistem informasi reklame untuk mengawasi papan reklame. Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak juga masih menggunakan surat pemberitahuan kepada vendor dan pemilik iklan bahwa masa pajak papan reklame sudah melewati batas yang telah ditentukan. Surat Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak terkadang terlambat dalam pengiriman ke penyedia papan reklame dan pemilik ikaln. Metodoligi penelitian dilakukan dengan metode waterfall merupakan salah satu proses permodel perangkat lunak yang mengambil kegiatan proses dasar seperti spesifikasi, pengembangan, validasi dan evolusi dengan mempresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti analisis dan definisi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan. Hasil pengujian dari kuesioner terhadap 30 responden yang menggunakan metode Liker’s Summated Rating (LSR), diperoleh total skor 1941 yang menunjukan program dinilai berhasil dari nilai tertinggi dari skor 1800 sampai skor 2250. Sistem informasi Geografis ini dapat membantu Dispenda, untuk mengawasi papan reklame terhadap pajak reklame. Vendor dan pemilik iklan juga dapat mengawasai papan reklame yang memiliki status pajak agar tidak melewati pembayaran pajak reklame berserta dendanya. Sistem ini dapat pemberitahuan kepada vendor dan pemilik iklan tentang status pajak reklame di papan reklame jika sudah mendekati jatuh tempo pembayaran pajak.


Keywords


Dinas Pendapatan Daerah; Liker’s Summated Rating; Papan Reklame; Sistem Informasi Geografis; Waterfall.

Full Text:

PDF

References


M. Debby, M. A. Irwansyah, and A. S. Sukamto, Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Persebaran Lapangan Futsal Di Wilayah Pontianak Berbasis Web, J. Sist. dan Teknol. Inf. (JUSTIN), no. Vol.4 No.2, pp. 1–6, 2016.

William and Sawyer, Using Information Technology. Yogyakarta: CV Andi, 2017.

J. A. O’Brien, Pengatar Sistem Informasi Perspektif Bisnis Dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat, 2015.

H. M. Jogiyanto, Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi, 1999.

M. John, Kajian Geografis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1947.

Heywood, I.C.S.C.S., Geographical Information Systems. London: Prentice-Hall, 2002.

R. Permana and C. Lesmana, Pemetaan Kebutuhan Guru di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG), J. Edukasi dan Penelit. Inform. (JEPIN), vol. 4, no. 2, p. 126, 2018.

Google Inc. (2016). Google Maps API [online]. Available: Https://Developers.Google.Com/Maps.

Bappeda. (2018). Kondisi Geografis Dan Demografi Kota Pontianak [online]. Available: Http://Bappeda.Pontianakkota.Go.Id/Berita/KondisiGeografis-Dan-Demografi-Pemerintah-Kota-Pontianak-.

Peraturan Daerah Kota Pontianak. Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 39 Tahun 2011 Tata Cara Perhitungan Nilai Sewa Reklame (NSR). Pontianak: Walikota Pontianak, 2011.

S. Yulita Titik, W. R. Rianto, and N. D. Y. Trihoni, “Penataan Papan Reklame Berbasis Pada Sistem Kenyamanan Visual Dan Tata Ruang Kota,” J. UNIKA Soegijapranata, vol. 15, no. 2, 2014.

Peraturan Daerah Kota Pontianak. Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah Kota Pontianak. Pontianak: Walikota Pontianak, 2010.

I. Sommerville, Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Erlangga, 2003.

R. Indrawati, R. D. Nyoto, and T. Maridiana, “Rancang Bangun Aplikasi Jadwal Kegiatan Akademik Berbasis Android,” Sist. dan Teknol. Inf. (JUSTIN), vol. 1, no. 02, pp. 1–5, 2017.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i1.33728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License