Aplikasi Bank Materi Pembelajaran untuk Jenjang SMA

Naufal Harits Pratama, Yulianti Yulianti, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Penelitian ini menjelaskan bagaimana membuat suatu Learning Management System dalam bentuk bank materi yang akan digunakan oleh siswa di jenjang SMA. Metode pembelajaran yang digunakan pada kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini selain proses belajar mengajar secara langsung adalah siswa yang dituntut untuk mandiri mencari informasi dan materi dari sumber lain yang tidak terbatas pada buku cetak. Oleh sebab itu, perlu untuk menyediakan aplikasi dimana siswa dapat mengakses materi-materi pembelajaransecara terintegrasi dan secara menyeluruh. Aplikasi menyediakan semua materi pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa untuk menunjang jalannya proses pembelajaran. Sehingga mempermudah siswa dalam mengakses materi pembelajaran yang hanya menggunakan akses ke tempat yang terpusat. Aplikasi bank materi pembelajaran untuk jenjang SMA yang dibangun merupakan bagian dari Learning Management System dan memiliki bentuk sebagai bank materi. Usability Testing merupakan cara pengujian produk langsung ke pengguna tanpa memberi tahu cara produk tersebut bekerja, kemudian akan dilakukan wawancara menggunakan kuesioner dengan aspek Usability. Hasil uji usability yang didapat menunjukkan bahwa guru dan siswa yang menggunakan aplikasi menganggap bahwa aplikasi dapat mempermudah proses pembelajaran.


Keywords


Learning Management System; Bank Materi; Kurikulum; Materi Pembelajaran; Usability Testing

Full Text:

PDF

References


KBBI, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/didik.

Prihartini, Effiyati. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif 7(2): 171-179, 2017.

Kusnadi. 2017. Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi Konsep Dare to be Different. Universitas Galuh Ciamis.

Heriyanto, Budi. 2015. Rancang Bangun Sistem Aplikasi Manajemen Soal Pada Bimbingan Belajar PRIMAGAMA (Studi Kasus PRIMAGAMA Pontianak). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 3, No. 2, 2015.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 2, ayat 1.

Dewi, Eri Ratna. 2018. Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018 hal 44-52.

Ulhaq, Zia. 2017. Pembelajaran Sejarah Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Sejarah.. Universitas Negeri Jakarta.

Kemendikbud, 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. [Online] Available at: https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf

Mutia, Intan, Herlinda dan Atikah. 2017. Perancangan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 Menggunakan Model Tiwana dan Zack. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Vol. 3, No. 2, 2017.

Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Thorndike, R.L. 1982. Applied Psychometrics. Boston : Houghton Mifflin.

Muhammad, Taofik. 2017. Perancangan Learning Management System Menggunakan Konsep Computer Supported Collaborative Learning. Jurnal Produktif Vol 1 Edisi Juli 2017.

Ellis, Ryann K. 2009. Field Guide to Learning Management Systems. [Online] Available at: http://www.astd.org/NR/rdonlyres/12ECDB99-3B91-403E-9B15-7E597444645D/23395/LMS_fieldguide_20091.pdf.

Aries, Topan Maulana, Ahmad Yani Ranius dan Nurul Adha Oktarini Saputri.. 2017. Usability Testing Untuk Mengukur Penggunaan Website STIK Bina Husada Palembang. Universitas Bina Darma Palembang..

Nielsen, Jacob. 2011. Usability 101: Introduction to Usability. [Online]. Available at: http://useit.com/alertbox/20030825.html/.

Krug, Steve. 2006. Don’t Make Me Think! A Common Sense Approach to Web Usability. California: New Riders.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i3.31984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License