Sistem Pendukung Keputusan Penentu Bidang Keahlian Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Tanjungpura dengan Metode ELECTRE

Faz Faidhani, Tursina Tursina, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Kebingungan mahasiswa dalam berkonsentrasi terhadap bidang ilmu di Program Studi Informatika Universitas Tanjungpura menjadi suatu masalah bagi mahasiswa dalam menulis skripsi. Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura memiliki kelompok keahlian yang ditujukan untuk mengarahkan judul skripsi mahasiswa sesuai ke bidangnya. Elimination Choice and Translating Reality (ELECTRE) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode ELECTRE adalah metode yang dapat menghasilkan keputusan dengan membandingkan alternatif secara berpasangan pada kriteria yang sama. Hasil yang didapatkan dari aplikasi ini adalah memberikan nilai rekomendasi dalam bentuk perangkingan berdasarkan hubungan antara alternatif dan kriteria yang dimasukkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan rekomendasi bidang keahlian untuk mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Tanjungpura. Pengujian sistem dilakukan dengan dua cara, yaitu pengujian black box dan pengujian akurasi. Pengujian black box dilakukan untuk menguji fungsionalitas aplikasi berdasarkan input yang dimasukkan. Sedangkan pengujian akurasi adalah untuk melihat seberapa besar akurasi atau kesesuaian kelompok keahlian yang dimiliki mahasiswa dengan hasil rekomendasi sistem.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Bidang Keahlian; ELECTRE; Black Box; Akurasi

Full Text:

PDF

References


Yumarlin MZ. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Konsentrasi dan Peminatan Prodi Teknik Informatika Universitas Janabadra Yogyakarta. Citec Journal, Vol. 3, No. 4, Agustus 2016 – Oktober 2016.

Pradana, Musthofa Galih. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Mahasiswa Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta Menggunakan Algoritma SAW Berbasis Website. Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Rahmayu, Mulia dan Rosi Kusuma Serli. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada SMK Putra Nusantara Jakarta Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal SIMETRIS, Vol 9 No. 1 April 2018.

Teknik Informatika Universitas Tanjungpura. 2016. Tentang Prodi. Informatika.untan.ac.id/?single&id=135, diakses pada Juli 2018.

Daihani, Dadan Umar. 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Turban, E. 2005. Decision Support Systems and Intellignet Systems (Edisi 7 Jilid 1).Yogyakarta : Penerbit Andi.

Haryanti, Dwi. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi PenerimaanMahasiswa Pengganti Beasiswa Penuh Bidikmisi Universitas Tanjungpura Dengan Menerapkan Metode SMARTER. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 1, No. 1, 2016.

Suparmaji. 2017. Sistem Rental Mobil Di Kota Bengkulu Dengan Metode ELECTRE IV Dalam Membuat Keputusan Pemilihan Mobil Rental Berbasis Website. Jurnal Rekursif Vol. 5 No, 3 November 2017 Universitas Bengkulu.

Akhirina, Tri Yani. 2016. Komparasi Metode Simple Additive Weighting dan Profile Matching pada Pemilihan Mitra Jasa Pengiriman Barang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Vol. 2, No. 1, (Juni 2016).

Jati, Antonius Prabowo. 2017. Rancang Bangun Alat Bantu Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Dengan Metode ELECTRE. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Setiawan, Fahmi. 2015. Implementasi Metode Electre Pada Sistem Pendukung Keputusan SNMPTN Jalur Undangan. Kumpulan JurnaL Ilmu Komputer (KLIK) Volume 02, No.02 September 2015.

Arief, M. Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 : Buku 1. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sukamto, Rosa Ariani dan Muhammad Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Penerbit Informatika.

Susanto, Azhar. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Gramedia.

Kristanto, Andri. 2004. Rekayasa Perangkat Lunak (Konsep Dasar). Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data Dalam All in 1. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstuktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v9i1.31357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License