Aplikasi News Delivery Ruai TV Berbasis Web

Sukmaratih Sukmaratih, Hengky Anra, Anggi Perwitasari

Abstract


Distribusi informasi merupakan penyebaran pesan berisi fakta yang didalamnya bisa berupa audio, gambar, text, maupun visual sehingga menimbulkan penjelasan yang benar dan jelas serta dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Informasi yang valid adalah hasil data-data yang telah diolah secara akurat kemudian disebar oleh media, salah satunya adalah televisi. Ruai TV merupakan salah satu media pertelevisian swasta yang berada di Kalimantan Barat. Sebagian besar acara Ruai TV adalah program News. Dalam penayangan pemberitaan memerlukan proses redaksi. Khususnya pemberitaan daerah hingga siap ditayangkan membutuhkan biro dalam pendistribusian berita. Berita ini berisi data mentah seperti video dan naskah, yang merupakan data-data yang akan di olah untuk menjadi sebuah informasi. Saat ini distribusinya masih menggunakan email, serta dalam mengkomunikasikan beritanya masih menggunakan telepon dan messenger. Oleh sebab itu, aplikasi pendistribusian bahan berita sangat diperlukan untuk mendukung informasi pemberitaan sehingga berita yang akan disajikan lebih siap disiarkan. Aplikasi ini menerapkan Socket I.O dan framework CodeIgniter.         Metode pengujian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan pengujian blackbox robustness testing untuk pengujian aplikasi. Berdasarkan pengujian validity dengan 12 responden dan 15 pertanyaan didapatkan hasil kuesioner yang valid, kemudian untuk reliabilitasnya sebesar 0,8. Pada pengujian User Aceptance Test (UAT) memiliki nilai skor berjumlah 738 maka dapat disimpulkan sistem aplikasi ini berhasil pada tingkat penerimaan pengguna.


Keywords


Ruai TV; News; Tayang/Siar; Aplikasi; Web; Informasi; Sistem; Distribusi

Full Text:

PDF

References


Adinta, Firlya. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Chatting Berbasis Web Menggunakan Docker. Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan Politeknik Negeri Jakarta.

Djuraid, 2007-9. Pengertian Berita. http://www.pelajaran.co.id/2017/09/pengertian-berita-menurut-para-ahli.html. Diakses 22 Mei 2018.

Hakim, Lukmanul dan Uus Musalini. 2004. Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain dan Aplikasi Web. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Herman, H.; Ralph, J., dan Robert, E. 1995. A Framework for Network Protocol Software:Proceedings of OOPSLA. Texas.

Imawan, Khaerudin. Dromologi Berita dan Pragmatisme Video Jurnalis . Ilmu Komunikasi Unswagati.

Kerlinger, Fred N. 1990. Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nasution. 2008-1. Pengertian Berita. http://www.pelajaran.co.id/2017/09/pengertian-berita-menurut-para-ahli.html. Diakses 22 Mei 2018

Nugroho, Adi. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta : Andi Offset.

Pamungkas, Adi. 2009. Implementasi Mms Untuk Peliputan Berita Berbasis Web. Bidang Konsentrasi Informatika dan Komputer Universitas Diponegoro.

Prayudha Harley.2005. Radio Suatu Pengantar Untuk Wacana dan Praktik Penyiaran. Malang: Bayu Media Publishing. hlm 204.

Riyanto, Agus. 2009. Pengolahan Data dan Analisis Data Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Sekaran, Uma. 1992. Research Methods for Business, a skill building approach, Second Edition. Singapore : John Willey & Sons, Inc.

Sidik, Bettha. 2018. Framework CodeIgniter 3. Bandung : Penerbit Informatika Bandung.

Siena, I. (2009, agustus 04). Retrieved oktober 2, 2011, from http://my.opera.com/aviciena/blog/2009/08/14/framework-3

Singarimbun. 1989. Metode Penelitian Survey, Edisi Revisi. Jakarta : LP3ES

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukamto, RA. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Modula.

Sumadiria, 2005-65. Pengertian Berita. http://www.pelajaran.co.id/2017/09/pengertian-berita-menurut-para-ahli.html. Diakses 22 Mei 2018.

Sutanto, Tarcisius Wahyu Cahyawidi. 2011. Pembangunan Aplikasi Text Chatting Dan Video Chatting Berbasis Web. Program Studi Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i3.30971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License