Penerapan Endless Runner Game untuk Memperkenalkan Pariwisata Kota Pontianak

Dimas Apriyandi, Hengky Anra, Helen Sasty Pratiwi

Abstract


Sektor pariwisata memegang peranan yang penting dalam perekonomian Indonesia, baik sebagai salah satu sumber penerimaan devisa, memperluas kesempatan kerja maupun kesempatan berusaha. Kota Pontianak memiliki banyak keragaman yang dapat ditonjolkan dalam pariwisata, tetapi muncul sebuah permasalahan karena jumlah wisatawan lokal dan internasional yang mengunjungi Kota Pontianak tergolong lebih sedikit dibandingkan kota lain di Indonesia berdasarkan Badan Pusat Statistik Pontianak. Salah satu faktor yang memegang peran penting dalam hal itu adalah publikasi, pengenalan informasi pariwisata dapat dikenalkan dalam suatu media yang sedang digemari masyarakat yaitu permainan smartphone, salah satunya adalah endless runner game. Permainan endless runner game adalah jenis permainan yang tidak ada akhir, dan tujuan pemain adalah harus mendapatkan skor tertinggi. Penelitian ini memperkenalkan pariwisata Kota Pontianak melalui endless runner game. Responden memiliki latar belakang 10 masyarakat warga negara Indonesia, dan 10 masyarakat warga negara selain Indonesia, yang berusia 20 - 30 tahun dan pernah berwisata. Data tersebut diolah menggunakan Likert’s Summated Rating dan mendapatkan hasil 1139 yaitu aplikasi cukup berhasil dalam segi mekanik, cerita atau informasi, dan aestetika, serta berdasarkan hasil pengujian dari Bitbar Testing menyatakan 100% metode dalam aplikasi dapat berjalan lancar dalam perangkat Android.


Keywords


Pariwisata Kota Pontianak; Endless Runner Game; Android; Smartphone; Papon

Full Text:

PDF

References


Fatmawati, “Statistik Wisatawan Mancanegara Kota Pontianak 2017,” Pontianak, 2017.

H. Devy and R. B. Soemanto, “Pengembangan Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar,” Jurnal Sosiologi. DILEMA, vol. 32, no. 1, pp. 34–44, 2017.

C. Agustina, “Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia,” Jurnal Software Engineering Indonesia, vol. 1, no. 1, 2015.

S. L. Rahayu and F. Fujiati, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputasi., vol. 5, no. 3, p. 341, 2018.

Sukamto, “Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informasi (JEPIN), vol. 3, no. 2, pp. 104–110, 2017.

M. Zulfikar, R. D. Nyoto, H. S. Pratiwi, P. Studi, T. Informatika, and U. Tanjungpura, “Rancang Bangun Game Sejarah Asal Usul Kota Pontianak Menggunakan RPG Maker,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), vol. 5, no. 2, pp. 20–23, 2017.

D. Iswanto, A. S. Sukamto, and Yulianti, “Rancang Bangun Game Edukasi Hero of Borneo Berbasis Android” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2015.

H. B. D. Rendy Adiwikarta, “Pengembangan Permainan Video Endless Running Berbasis Android Menggunakan Framework Game Development Life Cycle,” Jurnal Kalbiscientia, vol. 4, pp. 142–148, 2017.

S. Press, Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Mandar Maju, 2009.

M. A.J, Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

J. Wacik, Informasi Pariwisata Nusantara. Jakarta: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, 2014.

Santy Mayda Batubara, “Kearifan lokal dalam budaya daerah kalimantan barat (etnis melayu dan dayak),” J. Penelit. IPTEKS, pp. 91–104, 2017.

R. R and W. Y, Game Development Life Cycle Guidelines. ICACSIS, 2013.

J. Haltsonen, “Guide to Writing a Game Design Document,” Oulu University of Applied Sciences, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i3.30091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License