Rancang Bangun Aplikasi Panorama Wisata Kota dalam Upaya Pengenalan Budaya dan Pariwisata Kota Pontianak

Muhamad Hafiz Waliyuddin, Anggi Srimurdianti Sukamto, Hengky Anra

Abstract


Pariwisata adalah merupakan kegiatan jasa yang memanfaatkan kekayaan alam dan lingkungan hidup yang khas seperti hasil budaya, peninggalan sejarah, pemandangan alam yang indah, dan iklim yang nyaman. Penyampaian informasi mengenai wisata kota Pontianak kepada masyarakat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak sudah dilakukan melalui sosialisasi dan diadakannya beberapa kegiatan yang dapat menarik minat masyarakat, hanya saja aktifitas tersebut hanya berlangsung dibeberapa waktu dan informasi hanya sebatas kepada warga Kota Pontianak. Sistem promosi wisata kota dikalangan masyarakat luar Kota Pontianak oleh dinas terkait masih jauh dari kata baik. Oleh sebab itu, diperlukannya penerapan teknologi informasi secara efektif dan mudah diakses oleh masyarakat dalam maupun luar negeri. Rancang Bangun Aplikasi Panorama Wisata Kota dalam Upaya Pengenalan Budaya dan Pariwisata Kota Pontianak menerapkan teknologi informasi yang menampilkan gambar panorama wisata kota yang ada di Kota Pontianak. Menerapkan konsep seperti halnya fitur Street View pada Google Maps dan masih dikembangkan oleh Google untuk di Indonesia menjadi landasan dalam pengimplementasian keindahan Kota Pontianak . Pembuatan aplikasi ini dimulai dari pengambilan gambar panorama spherical yang menggunakan kamera Smartphone Xiaomi Redmi 4X dan aplikasi Street View 360 Panorama. Aplikasi panorama wisata Kota Pontianak yang dibangun telah berhasil dibuat dan dapat memberikan informasi sebagai sarana pengenalan kebudayaan dan pariwisata Kota Pontianak. Aplikasi yang dibangun memiliki nilai persentase 87,64% secara keseluruhan yang didapat dari pengujian UAT dengan perhitungan skala likert dan dikategorikan sangat baik. Dari beberapa pertanyaan tambahan pada pengujian UAT, diketahui bahwa generasi milenial memiliki ketertarikan terhadap travelling dengan pencarian informasi menggunakan handphone melalui media yang berbasis online. Dari pengujian black-box diketahui aplikasi dapat berjalan dengan baik jika data yang dimasukkan sesuai.

Kata kunci: Pariwisata Kota Pontianak,Gambar panorama,User Acceptance Test (UAT)


Keywords


Pariwisata Kota Pontianak; Gambar panorama; User Acceptance Test (UAT)

Full Text:

PDF

References


Arief, Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php Dan Mysql. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta:Penerbit Gava Media.

Faisal, Dr. Muhammad. 2017. Generasi Phi Memahami Milenial Pengubah Indonesia. Jakarta: Republika Penerbit

Fatta, Hanif Al. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kadir, Abdul. 2002. Pemrograman Web Mencakup: Html,Css,Javascript & Php. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Melky, Florensius. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Virtual Reality Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Pontianak: Skripsi Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Nugroho, Bunafit. 2007. Panduan Lengkap Menguasai Perintah SQL. Yogyakarta: Mediakita.

Panggabean, Rio Fiorido. 2015. Rancang Bangun Peta Virtual 3D Kampus Untan Dengan Fitur Panorama 3600 X 1800. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Perry, William E. 2006. Effective Methods for Software Testing 3rd Edition. Indianapolis,Indiana: Wiley Publishing, Inc.

Photo Sphere Viewer. (n.d). Photo Sphere Viewer – A Javascript Library to Display Photosphere Panoramas. https://photo-sphere-viewer.js.org

Diakses pada 23 Agustus 2018

Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Presman, Roger S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7 (Buku Satu). Penerjemah: Adi Nughroho, George John Leopold Nikijuluw, theresia Herlina Rachadiani dan Ike Kurniawati Witaya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Powell,T. (1998). Web Site Engineering. New Jersey: Prentice Hall.

Republik Indonesia. 1969. Instruksi Presiden RI Nomor 19 Tahun 1969 tentang Pariwisata. Lembaran Negara RI Tahun 1969. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Lembaran Negara RI Tahun 2009. Sekretariat Negara. Jakarta.

Sri Dharwiyanti, Romi Satria Wahono. 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). IlmuKomputer.com

Tjin, Enche. (2013). Memotret foto panorama dengan kamera DSLR. Projections http://www.infofotografi.com/blog/2013/07/memotret-foto-panoramadengan- kamera-dslr/. Pada tanggal 1 Januari 2016, jam 21.15 WIB.

Vaughan, Tai. (2006). Multimedia: Making It Work Edisi 6. Penerjemah: Theresia Arie Prabawati dan Agnes Heni Triyuliana. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Yurida, Nur Harsi. 2018. Aplikasi Virtual Tour pada Ruang Pelayanan RSUD. Dr. Soedarso Pontianak. Pontianak: Skripsi Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i2.29837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License