Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Hewan Mamalia

Isa Oktaviani, Tursina Tursina, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Teknologi dimanfaatkan manusia dalam berbagai bidang untuk membantu menyelesaikan kegiatan yang dulunya dikerjakan secara manual. Dengan memanfaatkan teknologi, aktivitas tersebut dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Teknologi yang saat ini berkembang adalah Augmented Reality (AR) karena tampilan visual yang menarik sehingga dapat menampilkan objek 3 dimensi beserta animasinya dan terlihat seperti ada pada dunia nyata. Oleh karena itu, AR dapat digunakan untuk pengenalan hewan mamalia. Saat ini untuk pengenalan hewan mamalia hanya dapat dipelajari dari buku, video, dan internet. Maka, pada penelitian ini dibangun aplikasi AR untuk pengenalan hewan mamalia yang disertai dengan suara sehingga informasi yang disampaikan lebih detail. Untuk membangun aplikasi berbasis android, digunakan Unity sedangkan pembuatan aplikasi AR digunakan Vuforia SDK. Marker terdapat pada sebuah buku untuk menampilkan visualisasi objek 3D. Aplikasi yang dibangun pada sistem operasi android dengan menerapkan teknologi Augmented Reality bertujuan untuk pengenalan hewan mamalia kepada anak usia 7 hingga 12 tahun yang dapat menambahkan visualisasi objek 3D ke dalam lingkungan nyata sehingga mereka dapat mengenal hewan mamalia tersebut. Berdasarkan hasil pengujian jarak ideal, semakin terlihat pixel pada marker maka semakin berpengaruh pada sistem untuk menampilkan objek 3D. Berdasarkan hasil pengujian validity, anak-anak dapat mengenali hewan mamalia dengan menggunakan aplikasi AR Pengenalan Hewan Mamalia dengan hasil 91% responden menjawab Sangat Baik. Oleh karena itu, Aplikasi AR Pengenalan Hewan Mamalia ini dapat dimanfaatkan pengguna sebagai media untuk mengenal hewan mamalia.


Keywords


Hewan Mamalia; Augmented Reality; Android; Unity; Unified Modeling Language (UML)

Full Text:

PDF

References


Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Sistem Saraf Pusat Menggunakan Augmented Reality JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 No 1

Perkembangan Teknologi Augmented Reality

Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata

Kuliah Kimia Dasar. Jurnal COMIT. Vol IX, No 1 (2016)

Haller dkk. 2007. Augmented Reality. Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design.

Andrayani Anggi. 2010. Sejarah Augmented Reality.Yogyakarta :Informatika

Maulana Angga. 2014. Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Tata Surya. Jurnal KOMMIT. Vol 8.

Mustika. 2016. Implementasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Citec Journal. Vol 2, No 4.

Syahrin Alfi. 2016. Analisis dan Implementasi Metode Marker Base Tracking Pada Augmented Reality Pembelajaran Buah-buahan. Jurnal KOMPUTA. Vol 5, No 1.

Azuma, R T. (2007). A survey of augmented reality. Massachusetts Institute of Technology, 6 (4): 355-356.

Wahadyo Agus. 2013. Android untuk Pengguna Pemula Tablet dan Handphone. Jakarta: Mediakita.

Dharwiyanti Sri. 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). IlmuKomputer.com

Blender.org.2013. About. https://www.blender.org/about/.

diakses pada tanggal 1 Juni 2017

Tama. 2017. Kegunaan Aplikasi Blender. Jakarta: Cipta Media

Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android (Studi Kasus: Museum Kalimantan Barat), Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), Vol 4, 239-245

Roedavan, Rickman. 2014. UNITY Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika Bandung.

Unity3d.com. 2014. Project. https://unity3d.com/Project. diakses pada tanggal 7 Juli 2018

Al-Maqassary Ardi. 2013. Pengertian Hewan Mamalia. Jakarta: Bindo

Validity. 2014. Uji Validity. https://www.binus.ac.id

diakses pada tanggal 10 April 2018

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitaif, Kaulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol IV, No 2

Adytia. 2010. Fungsi Activity Diagram. Bandung: Informatika

Ilham Efendi. 2015. Tipe Diagram UML. Jakarta: Bindo




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i2.27712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License